Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning
Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Di
SDN Bandungrejosari 3 Malang

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Bandungrejosari 3 Malang

YANETI NGAILO - Nama Orang; Drs. Didik Iswahyudi, M.Pd - Nama Orang; Nury Yuniasih, M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini membahas pengaruh model discovery learning berbantuan
video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik
di SDN Bandungrejosari 3 Malang, yang dilatarbelakangi oleh pentingnya
model discovery learning berbantuan video animasi yang mampu mengubah
pembelajaran agar meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan
video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik
di SDN Bandungrejosari 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi
Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa
kelas III SD Bandungrejosari 3 Malang. Teknik yang digunakan untuk
pengambilan sampel yaitu teknik Nonprobability Sampling. Sampel pada
penelitian ini yaitu kelas III B berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen
dan kelas III A berjumlah 26 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen
diberi perlakuan dengan penerapan model discovery learning berbantuan video
animasi sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan penerapan
model pembelajaran langsung (konvensional) dengan metode ceramah dan
diskusi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini untuk
memperoleh data hasil belajar berupa pretest dan postest. Analisis data
menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat analisis (uji normalitas,
uji homogenitas, dan uji hipotesis).
Berdasarkan uji hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji
independent samples t test. Hasil uji statistik menunjukan pada taraf signifikan
0,05 0,046 > 0,2759 yang berarti diterima dan ditolak,
maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kelas
yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan video
animasi terhadap hasil belajar siswa.


Ketersediaan
SB00189Skki 372 NGA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
kki 372 NGA p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xiii, 58 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
PGSD
Skripsi
: model pembelajaran discovery learning
video animasi dan hasil belajar siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik