Text
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Bandungrejosari 3 Malang
Penelitian ini membahas pengaruh model discovery learning berbantuan
video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik
di SDN Bandungrejosari 3 Malang, yang dilatarbelakangi oleh pentingnya
model discovery learning berbantuan video animasi yang mampu mengubah
pembelajaran agar meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan
video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik
di SDN Bandungrejosari 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi
Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa
kelas III SD Bandungrejosari 3 Malang. Teknik yang digunakan untuk
pengambilan sampel yaitu teknik Nonprobability Sampling. Sampel pada
penelitian ini yaitu kelas III B berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen
dan kelas III A berjumlah 26 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen
diberi perlakuan dengan penerapan model discovery learning berbantuan video
animasi sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan penerapan
model pembelajaran langsung (konvensional) dengan metode ceramah dan
diskusi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini untuk
memperoleh data hasil belajar berupa pretest dan postest. Analisis data
menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat analisis (uji normalitas,
uji homogenitas, dan uji hipotesis).
Berdasarkan uji hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji
independent samples t test. Hasil uji statistik menunjukan pada taraf signifikan
0,05 0,046 > 0,2759 yang berarti diterima dan ditolak,
maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kelas
yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan video
animasi terhadap hasil belajar siswa.
| SB00189S | kki 372 NGA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain