Electronic Resource
Keefektifan Konseling Kelompok Pendekatan Solution Focused Brief Therapy Untuk Menurunkan Academic Burnout Siswa Di SMP Negeri 4 Kota Pasuruan
Kegiatan belajar di kelas biasanya identik dengan tugas-tugas yang
diberikan oleh sejumlah guru. Tugas-tugas yang diberikan juga cukup beragam dan
cara pengerjaannyapun juga beragam. Setiap tugas yang diberikan juga memiliki
kesulitannya masing-masing. Dengan beberapa hal tersebut tentu dapat membuat
siswa menjadi jenuh terhadap pembalajaran, kerena selalu berpikir semua itu sulit
untuk dilakukan. Dalam hal ini academic burnout bisa terjadi pada siswa, karena
faktor kesulitan belajar ataupun tingkat kejenuhan siswa akibat proses pembelajaran
yang terkesan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi academic
burnout siswa dan mengetahui keefektifan penggunaan konseling kelompok
pendekatan solution focused brief therapy (SFBT) untuk menurunkan academic
burnout siswa di SMP Negeri 4 Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan desain
pre-eksperimental dengan jenis one group pre-test and post-test design dan dengan
teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling. Subjek yang digunakan
dalam penelitian ini adalah sepuluh siswa yang diperoleh berdasarkan hasil pre-test.
Instrumen penelitian ini mengadopsi skala academic burnout siswa atau MBI-SS
(Maslach Burnout Inventory-Student Survey).
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic nonparametric
dengan uji jenjang tanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test), yang diolah
dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Hasil analisis uji Wilcoxon dari hasil
perhitungan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan output test statistik diatas
diketahui Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,005 karena nilai 0,005 < 0,05 maka dapat
disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Artinya ada perbedaan antara tingkat academic
burnout saat pre-test dan post-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling
kelompok pendekatan SFBT untuk menurunkan academic burnout siswa di SMP
Negeri 4 Pasuruan efektif.
Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan pemberian konseling
kelompok pendekatan solution focused brief therapy (SFBT) efektif untuk
menurunkan academic burnout siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu tidak
menutup kemungkinan penelitian ini juga bisa digunakan kepada semua siswa dari
jenjang MTs, SMA, SMK ataupun MA yang juga akan mengalami hal yang sama
yaitu academic burnout terhadap pembelajaran yang ada di sekolah.
| SB00188S | KKI 771.4 HAF k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain