Electronic Resource
Analisis Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hitung Pembagian Dan Perkalian Operasi Bilangan Bulat Kelas 6 Sekolah Dasar
Literasi numerasi adalah gabungan dari beberapa keterampilan yang ada pada
cakupan literasi dan matematika, literasi numerasi merupakan kemampuan individu
dalam menerapkan, menalar, merumuskan, dan menafsirkan matematika dalam
bergabagai konteks matematika dengan menggunakan konsep, pola, prosedur, dan
fakta untuk mendekripsikan, menjelaskan, dan memprediksi suatu fenomena
maupun kejadian dalam cakupan literasi numerasi itu sendiri. Penelitian ini
bertujuan untuk dapat mendeskripsikan literasi nuemrasi siswa kelas 6 dalam
menyelesaikan soal hitung pembagian dan perkalian perasi bilangan bulat.
Pada masa digital yang mengharuskan masyarakat maupun peserta didik menjadi
lebih maju dalam teknologi maupun pendidikannya, peranan literasi numerasi juga
memiliki andil yang besar karena sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari,
namun masih banyaknya peserta didik yang merasa kurang memahami dan
menguasai komponen pada literasi numerasi. Sehingga sangat penting dalam
menganalisis kemampuan peserta didik untuk dapat mengetahui sejauh mana
kemampuan literasi numerasi yang dikuasai dan sebagai tolok ukur pengembangan
pembelajaran kedepannya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan
kualitatif, pada penelitian ini menggunakan metode tes dengan soal hitung
pembagian dan perkalian operasi bilangan bulat yang menggunakan jenis penelitian
deskriptif.
Hasil dari analisis penyelesaian soal hitung literasi numerasi bilangan bulat
perkalian dan pembagian yang diselesaikan oleh siswa kelas 6 SD Negeri Cepoko
tidak ditemukan kendala yang signifikan, hambatan yang dilalui oleh subjek
penelitian telah dapat diselesaikan secara mandiri. Subjek penelitian dapat
menyelesaikan sebagain besar bentuk komponen literasi numerasi dalam soal tes.
Subjek penelitian belum dapat menguasai komponen literasi numerasi pola dan
intepretasi statistik sepenuhnya. Beberapa komponen yang muncul pada subjek
penelitian belum dapat dituntaskan sepenuhnya. Sehingga diharapkan peranan guru
dapat bekerjasama dengan peserta didik dan sekolah untuk dapat menerapkan
literasi numerasi sehingga keterampilan peserta didik dapat berkembang.
| SB00187S | KKI 372 HAN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain