Text
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Subtema 3 Kelas IV SDN Bandungrejosari 1 Malang
Penelitian ini membahas pengaruh penerapan model pembelajaran
contextual teaching and learning berbantuan media video terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN Bandungrejosari 1
Malang. Berdasarkan hasil observasi di SDN Bandungrejosari 1 Malang,
diketahui bahwa pada saat pembelajaran berlangsung siswa terlihat sibuk,
siswa tidak memperhatikan penjelasan guru sehingga yang dihadapi siswa
diketahui masih rendahnya hasil belajar. Hasil pembelajaran ini disebabkan
karena proses pembelajaran belum efektif sehingga siswa belum maksimal
untuk menguasai konsep dasar dalam pembelajaran tematik. Peneliti tertarik
untuk menerapkan model contextual teaching and learning berbantuan media
video dalam pembelajaran dikelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penerapan model contextual teaching and learning
berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran
tematik tema 9 subtema 3 Kelas IV SDN Bandungrejosari 1 Malang .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, dimana semua
populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini untuk memperolah data hasil belajar berupa posttest.
Analisis data menggunakan uji validitas, uji prasyarat analisis (uji normalitas
uji homogenitas dan uji hipotesis).
Berdasarkan uji hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji
independent samples t test. Hasil uji ini menunjukkan pada taraf signifikan
0,05 > 0,031 yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak,
maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kelas
yang menggunakan model pembelajaran ontextual teaching and learning
berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa.
| SB00186S | kki 372 SAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain