Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based
Learning Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk
Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA

Text

Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA

YOHANA HARDIYANTI - Nama Orang; Dr.H. Sudi Dul Aji, M.Si. - Nama Orang; Hestyningtias Yuli Pratiwi, S.Pd. M.Pd - Nama Orang;

Pengembangan modul Fisika berbasis PBL pada materi Usaha dan Energi dapat
membantu siswa sebagai sumber belajar Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kelayakan dan keefektifan modul yang dikembangkan untuk meningkatkan minat dan
hasil belajar peserta didik. Metode yang diterapkan Research and Development (R&D).
Uci coba dilakukan di SMA PGRI 06 Malang, Kabupaten Malang. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penilaian modul Fisika berbasis PBL oleh ahli materi memperoleh
nilai rerata 2,9 dengan kategori layak, ahli media memperoleh rerata 3,1 dengan kategori
layak. Pada uji coba skala kecil, modul yang dikembangkan memperoleh rerata
presentase 73,12% dengan respon baik oleh siswa. Hasil coba skala besar menunjukan
bahwa modul yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran mendapat rerata
presentase 74,4 % dan berdasarkan penilaian guru Fisika memperoleh nilai rerata 2,9
dengan kategori baik. Modul Fisika berbasis Problem Based Learning efekif dalam
meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis
menunjukan adanya peningkatan secara keseluruhan hasil tes minat dan hasil belajar
peserta didik antara pretest dan posttes, yaitu perbedaan hasil tes siswa sebelum dan
sesudah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan modul Fisika berbasis
Problem Based Learning yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis menunjukan
bahwa adanya peningkatan secara keseluruhan dari hasil tes minat dan hasil belajar
peserta didik yang memperoleh nilai rata-rata pretest 48,8 dan rata-rata posttest 85,6 dan
nilai uji N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori “tinggi”, dimana nilai kategori “tinggi”
yaitu g>0,7.


Ketersediaan
SB00184Skki 530 HAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
kki 530 HAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xv, 85 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Minat dan Hasil Belajar Siswa
Pendidikan Fisika
: Modul Problem Based Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik