Text
Pengembangan E-Modul Ipa Terintegrasi Substainable Devolepment Goals (SDGS) Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Pada Topik Tata Surya
Tujuan Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk E – Modul berbasis
Digital dengan SDGs untuk meningkatkan Literasi siswa pada materi Tata Surya.
Pengembangan E- Modul berbasis Digital dengan SDGs menggunakan metode 3-
D yaitu terdiri dari tahap define, design dan develop (trianto 2011). Pada tahap
define atau defenfenisian peneliti melakukan analisis kebutuhan awal untuk
mengetahui karaktristik E - Modul yang akan dikembangkan. Tahap design atau
penrancangan pada tahap ini peneliti malakukan RPP untuk materi Tata Surya yang
akan dikembangkan. Kemudian peneliti mendesain E- Modul yang terdiri dari
cover/sampul, kata pengantar, daftar isi, tujuan pembelajaran,Kompetens Inti,
Indikator pencapaian Kompetensi Inti (IPK) Pendahuluan, Pada tahap develop atau
pengembangan peneliti melakukan validasi ahli yang terdiri dari validasi media
dan validasi materi dan uji coba kepada guru IPA SMP Negeri 6 Singosari dengan
21 orang siswa kelas VIIC SMP Negeri 6 Singosari. Hasil analisis angket guru IPA
nilai rata-rata total dari guru IPA adalah 99.16% dan Hasil analisis angket siswa
nilai rata – rata total dari siswa kelas VIIC adalah 87,95% sedangkan Validasi media
yaitu terdiri dari aspek kelayakan desaign, nilai rata – rata total dari validasi media
adalah 84,37 % dan validasi materi yang terdiri dari aspek kelayakan isi dan
kelayakan bahasa nilai rata – rata total dari validasi materi adalah 78,33%.
| SB00183S | kki 530 BAD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain