Electronic Resource
Pengembangan Buku Digital Berbasis Inkuiri Pada Muatan Ipa Materi Listrik Di Sdn Kota Malang
Pesatnya teknologi tidak terlepas dengan ilmu pengetahuan, dalam
pembelajaran IPA siswa diharapkan memiliki sikap berpikir kritis, sikap ilmiah,
dan kreatif sehingga dalam proses pembelajaran hidup adanya interaksi guru dan
siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. pembelajaran IPA masih jauh dari
ketercapaian tujuan pembelajaran hal itu dikarenakan rendahnya tingkat motivasi
siswa dalam belajar IPA, Kurangnya literasi menyebabkan siswa sulit untuk
memahami materi yang diajarkan oleh guru, hal tersebut dikarenakan tampilan
buku yang membuat bosan. Bahan ajar digital berperan penting sebagai media
pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan peran efektif dan efisien dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk,
mendeskripsikan kelayakan, dan kepraktisan buku digital berbasis inkuiri muatan
IPA materi listrik di SDN Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan ADDIE. Model
pengembangan ADDIE terdiri dari tahap Analisa (Analysis), Desain (Design),
Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (
Evalution). Pada penelitian dan pengembangan buku digital berbasis inkuiri ini
menggunakan pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yang peneliti
lakukan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini
siswa kelas VI di SDN Kota Malang yakni SDN Tanjungrejo 5, SDN Bandulan 3
dan SDN Lowokwaru 4 dengan masing-masing berjumlah 10 siswa. Instrumen
yang digunakan lembar validasi media, materi, bahasa, angket guru dan siswa kelas
VI SDN Kota Malang.
Berdasarkan hasil penelitian buku digital berbasis inkuiri memenuhi kriteria
: a) uji kelayakan memperoleh kategori “sangat layak” dengan perolehan persentase
oleh ahli media 90,8%, ahli materi 82,2%, dan ahli bahasa 75%, ; b) uji kepraktisan
memperoleh kategori “sangat praktis” dengan hasil penilaian angket guru 95,1%
dan hasil penilaian angket siswa 98%. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat
bermanfaat dalam memberikan sarana pembelajaran baru bagi guru dan bagi
peneliti lain dapat dijadikan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya sehingga
dapat menggali informasi data terkait pengembangan produk ini.
| SB00001J | KKI 372 RAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain