Text
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa
modul fisika berbasis komik pada materi getaran dan gelombang guna mengetahui:
(1) Kelayakan, (2) kepraktisan dan (3) keefektifan modul untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan (Research &
Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis,
Design, Development, Implementation dan Evaluation.Tahap validasi produk
melibatkan 4 orang subjek (2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi) untuk menilai
desain modul, kelayakan materi dan kelayakan bahasa. Penilaian kelayakan oleh para
ahli menggunakan lembar validasi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Wagir
dengan subjek 26 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan penelitian adalah
angket analisis kebutuhan siswa. Kepraktisan dan keefektifan modul menggunakan
angket respon siswa dan respon guru fisika. Analisis data menggunakan analisis
deskripsi berbantuan Microsoft Office Excel 2010. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh: (1) hasil validasi kelayakan modul dari 4 orang validator 2 orang ahli
media diperoleh 82% dan 2 orang ahli materi diperoleh 83% dalam kategori “Sangat
Valid”. (2) Hasil penilaian keefektifan dan kepraktisan modul dari 26 respon siswa
93% kategori “Sangat Positif”dan penilaian guru fisika 95% kategori “Sangat
Positif”. (3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada tahap penerapan N-
gain 0,68 kategori peningkatan “Sedang”. Dengan demikian, modul fiska berbasis
komik yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap layak untuk digunakan dalam
pembelajaran materi getaran dan gelombang.
| SB00179S | kki 530 PUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain