Text
Kemampuan Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas I Smk Pgri Pandaan Tahun Pelajaran 2004-2005
Sebagai upaya untuk meningkatkan ketrampilan menulis khususnya di kalangan ,aderms, maka pembinaan ketrampilan menulis wacana argumentasi bagi siswa berguna membiasakan siswa berfikir logis dan kritis.Selain itu juga dapat membina siswa mampu mengungkapkan pendapatnya tentang suatu hal dalam bentuk tulisan argumentasi, dengan kata lainsiswa mampu mengungkapkan ide-ide pokok secara tertulis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif, akm metode yang menghasilkan data berupa paparan gambaran apa adanya mengenai kemampuan menulis wacana argumentasi siswa kelas I SMK PGRI Pandaan Tahun pelajaran 2004-2005 dengan perhitungan F%.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseltiruan siswa kelas I SMK PGRI Pandaan Siswa SMK PGRI Pandaan terdiri atas 180 siswa yang terbagi dalam 4 kelas .Peneliti mengambil sample 50% dari jumlah populasi untuk rnendapatkan hasil penelitian lebih valit. Teknik pengambilan sample adalah sample random rumpling yaitu cara pengambilan sample dimana peneliti mencampur subjek-subjek didalam, populasi ehingga semua subjek dianggap sama .
Hasil penelitian ini adalah : ( 1 ) .Sebagian besar siswa-siswa SMK PGRI I Pandaan rata-rata mempunyai kemampuan sedang dalam menyusun evidensi. Hal ini dibuktikan : (a) penetian aspek bukti mencapai prosentase minimal 30% dari 90 siswa, sedang 40% dan maksimal sebanyak 30%. (b) penilain aspek alasan mencapai 65% dari 90 siswa, prosentase sedang 10% dan prosentase maximal mencapai 25%. (c) penilaian aspek fakta mencapai prosentase minimal prosentase sedang 20% dan n rrial 45% dari 90 siswa Prosentase maximal 25%. (d) penilaian aspek contoh mencapai prosentase minimal 50% dari 90 siswa , prosentase sedang 30% dan prosentase maksimal sebanyak 20%. (2) Sebagian besar siswa SMK PGRI Pandaan rata-rata mampu dalam menyusun Opini . Hal ini dibuktikan: (a) penilaian aspek penclapat mencapai , prosentase sedang 40%, dan prosentase maksimal sebanyak 12%. (b) penilaian aspek gagasan mencapai prosentase minimal 4710 dari 90 siswa ,prosentase sedang prosentase maksimal sebanyak 11%. (3) Sebagian besar siswa SMK PGRI Pandaan -ata-rata mampu dalam menyusun penalaran Hal ini di buktikan: (a) aspek susunan ..alimat mencapai prosentase minimal 56% dari 90 siswa, prosentase sedang 32% dan.osentase maksimal sebanyak 12%. (b) aspek pemakaian kalimat mencapai prosentase minimal 46% dari 90 siswa , prosentase sedang 31% dan prosentase maksimal sebanyak 12 %(c) aspek ejaan kata prosentase minimal 64% dari 90 siswa , prosentase sedang 13% dan prosentase maksimal sebanyak 16%. (d) kualitas dan ruang lingkup isi mencapai presentase minimal 46% dari 90 siswa , prosentase sedang 30% clan prosentase maksimal sebanyak 24%.
| SB00178S | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain