Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Pada Siswa Kelas Viii B Smp Pgri 01 Pakisaji Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Stad

Electronic Resource

Peningkatan Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Pada Siswa Kelas Viii B Smp Pgri 01 Pakisaji Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Stad

Yohanes Bosko Pati - Nama Orang; Drs. Wadji, SS. M. Pd - Nama Orang; Vanda Hardinata, M.Pd - Nama Orang;

Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa yang dikembangkan dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP. Menulis laporan perjalanan merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan di kelas VIII SMP. Kompetensi ini bertujuan untuk mengungkapkan informasi perjalanan siswa dalam bentuk tulisan laporan perjalanan. Kenyataan di lapangan menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam menulis laporan perjalanan. Kesulitan tersebut antara lain, siswa kurang mampu menuliskan sistematika laporan perjalanan dengan lengkap, memilih kata-kata untuk menulis kalimat yang baik dan benar, penulisan ejaan, dan tanda baca.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD terhadap kemampuan menulis laporan perjalanan dengan menggunakan wawasan berpikir kreatif sehingga menghasilkan isi karangan yang menarik, bentuk karangan yang sesuai dengan sistematika yang tepat, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Strategi pembelajaran kooperatif model STAD, mengunakan kelompok-kelompok kecil heterogen yaitu berdasarkan kemampuan akademis, jenis kelamin, dan suku yang berbeda. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD siswa diberi kesempatan untuk belajar berkelompok dan lebih leluasa menuangkan ide-ide kreatif dalam menulis. Sedangka guru berperan sebagai fasilitator dan motivator kegiatan tiap kelompok.
Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sesuai dengan rancangan itu, penelitian disusun dalam siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, hasil tindakan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP PGRI 01 Pakisajiyang berjumlah 36 siswa. Data penelitian meliputi Keterlaksanaan pembelajaran menulis Laporan Perjalanan, respon siswa terhadap pelaksananan pembelajaran menulis Laporan Perjalanan dengan strategi pembelajara kooperatif model STAD dan data Nilai Hasil Karya Siswa.
Bertolak dari proses dan hasil pembelajaran menulis laporan perjalanan siklus I dan siklus II dapat dikemukakan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis Laporan Perjalanan di kelas VIII B SMP PGRI 01 Pakisaji. Hal ini dapat dilihat dari skor yang dicapai siswa, yakni di atas KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang telah ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan untuk pelajaran Bahasa Indonesia, yakni 75. Penulisan narasi laporan perjalanan oleh siswa pada aspek sistematika, isi, kebahasaan, dan kekreatifitasan mengalami peningkatan. Pada tahap pratindakan, hanya beberapa siswa yang mendapat skor di atas KKM. Pada siklus I, siswa yang mendapat skor di atas KKM sebesar 50% dan siklus II, siswa yang mendapat skor di atas KKM meningkat menjadi 86,11%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 70,69. Pada pelaksanan tindakan siklus II, rata-rata kelas meningkat menjadi 78,68. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif model STAD, kemampuan menulis laporan perjalanan siswa meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk untuk menggunakan strategi pembelajaran kooperatif model STAD lebih kreatif dan inovatif dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis Laporan Perjalanan. Kepada peneliti berikutnya yang melakukan penelitian yang sejenis, diharapkan dapat menggunakan dan mengembangkan strategi pembelajaran kooperatif sebagai dasar untuk melakukan penelitian lain dengan cara lebih kreatif.


Ketersediaan
SB00000XKKI 410 pat p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 pat p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Unikama., 2011
Deskripsi Fisik
xvi, 114 hlm, 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Pembelajaran Menulis Laporan
model STAD (Student Teams Achievement Division)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik