Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Struktur Wacana Iklan Kecantikan Pada Majalah Gadis Edisi Bulan Maret-Juni 2009

Electronic Resource

Analisis Struktur Wacana Iklan Kecantikan Pada Majalah Gadis Edisi Bulan Maret-Juni 2009

Ni Wayan Ria Safitri - Nama Orang; Prof. Dr. Sumarsono, M. Ed - Nama Orang; Drs. Edy Susilo, M.Pd - Nama Orang;

Iklan merupakan salah satu bentuk penggunaan bahasa yang ada di masyarakat untuk menyalurkan pesan dari seorang pengusaha kepada calon konsumen. Pada umumnya iklan tak lepas dari penggunaan bahasa agar pesan diterima dengan baik. Penggunaan bahasa iklan membuat iklan digolongkan dalam wacana. Sebagai wacana, iklan memiliki keutuhan makna, sehingga wacana iklan dapat dianalisis dari wacana iklan diantaranya adalah diksi, piranti kohesi, dan struktur wacana. Berkenaan dengan struktur wacana, wacana iklan mempunyai tiga unsur pembentuk wacana, yaitu butir utama, badan iklan dan penutup iklan. Penelitian ini menitikberatkan pada analisis struktur wacana iklan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi objektif tentang struktur wacana iklan kecantikan pada majalah Gadis edisi bulan Maret-Juni 2009. Untuk memperoleh hasil yang diharapkan, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena datanya bersifat kualitatif, yaitu berupa kata-kata atau kalimat, bukan angka. Data dalam penelitian ini adalah struktur wacana iklan. Sumber data adalah 31 iklan kecantikan yang ada pada majalah Gadis edisi bulan Maret-Juni 2009.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan hal-hal sebagai berikut. Dari analisis data diketahui bahwa tidak semua unsur pembentuk wacana iklan itu digunakan dalam suatu iklan, sehingga pada iklan kecantikan pada majalah Gadis dapat dijumpai empat pola struktur. Dari 31 data iklan kecantikan yang diteliti ada 27 iklan kecantikan yang berpola BU + BI + PI, 1 iklan kecantikan yang berpola BU + BI, 2 iklan kecantikan yang berpola BU + PI, dan 1 iklan kecantikan yang berpola BU.
Dari temuan penelitian tersebut penulis berkesimpulan bahwa tidak sebagian besar atau hanya 90% iklan kecantikan pada majalah Gadis mempunyai struktur wacana iklan secara lengkap. Hal ini disebabkan, penulis iklan tersebut lebih mementingkan tampilan iklan dari pada bahasa iklan yang terkesan bertele-tele. Padahal dengan struktur iklan yang lengkap, akan membuat sebuah iklan mencapai tujuannya dalam menawarkan suatu barang ataupun jasa. Calon konsumen yang membacanya pun akan merasa tertarik dan juga ingin menggunakan barang ataupun jasa yang ditawarkan.


Ketersediaan
SB00000MKKI 410 sa a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 sa a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Unikama., 2011
Deskripsi Fisik
xv, 118 hlm, 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Majalah Gadis
Struktur wacana iklan
Iklan kecantikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik