Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Membaca Kritis Dengan Sq3r Menggunakan Pendekatan Quantum Learning Siswa Kelas Viii Semester 2 Smp Nu Riyadlul Qur’an Desa Ngasem, Kec. Ngajum, Kab. Malang Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
SMP NU RIYADLUL QUR’AN Desa Ngasem, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, merupakan salah satu sekolah yang pertama kalinya dijadikan objek penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran yang selama ini diterapkan di kelas masih menggunakan metode ceramah dan jarang dilakukan kegiatan demontrasi maupun praktikum. Siswa menjadi pasif dan pengetahuan yang mereka peroleh tidak bertahan lama dalam ingatan mereka sehingga kemampuan mereka dalam memahami konsep sangat rendah. Peneliti menerapkan metode tentang peningkatan kemampuan membaca kritis dengan strategi SQ3R menggunakan pendekatan quantum learning. Strategi SQ3R dengan pendekatan Quantum Learning adalah konsep belajar yang guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari; sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilannya dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkontruksi sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data awal dilakukan secara kualitatif sedangkan diskusi hasil paparan secara kuantitatif yang dilakukan secara kualitatif. Siklus I dengan pokok bahasan membaca intensif berita menemukan bahan untuk dikusi dan siklus II dengan pokok bahasan yang sama. Penelitian dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 21 Siswa perempuan.
Hasil analisis data setelah diberi tindakan dan refleksi menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R dengan pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis. Hal ini ditunjukkan oleh hasil prestasi belajar siswa dengan prosentase 66,67 % Pada siklus I dan 88,89 % pada siklus II. Dimana pada siklus I termasuk kriteria masih kurang dan pada siklus II dikatakan baik. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran membaca intensif berita dengan menggunakan strategi SQ3R berdasarkan pendekatan quantum learning dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis SMP NU Riyadlul Qur’an siswa pada pokok bahasan membaca intensif berita menemukan bahan untuk diskusi.
| SB00000I | KKI 410 lut p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain