Electronic Resource
Kajian Moralitas Dalam Fabel Animasi Indonesia Vol.5-7
Fabel merupakan salah satu genre sastra anak yang mengandung banyak nilai moral yang bermanfaat bagi perkembangan anak. Fabel bisa menjadi salah satu media untuk membentuk moralitas yang baik pada diri anak. Peneliti mengkaji fabel animasi Indonesia seri “ Pendidikan Budi Pekerti Anak-anak” vol.5-7 karena sarat akan ajaran moral. Hal ini menjadi rumusan masalah dalam penelitian, yaitu: (1) bagaimanakah moralitas yang terdapat dalam fabel animasi Indonesia vol.5; (2) bagaimanakah moralitas yang terdapat dalam fabel animasi Indonesia vol.6; dan (3) bagaimanakah moralitas yang terdapat dalam fabel animasi Indonesia vol.7.
Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan moralitas dalam fabel animasi Indonesia seri “ Pendidikan Budi Pekerti Anak-anak” vol.5-7. Metode kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini menghasilkan deskripsi berupa pemaparan dari hasil identifikasi data, klasisifikasi data, interpretasi dan analisis data dibantu dengan menggunakan tabel distribusi data kajian moralitas dalam fabel animasi Indonesia vol.5-7.
Berdasarakan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Kajian moralitas dalam fabel animasi Indonesia seri “Pendidikan Budi Pekerti Anak-Anak” vol.5-7 dikelompokkan menjadi 3 prinsip moral dan 4 sikap moral dasar yaitu: prinsip sikap baik prinsip keadilan, prinsip hormat terhadap diri sendiri, sikap kejujuran, sikap, bertanggung jawab, sikap keberanian moral, dan sikap kerendahan hati.
Terkait dengan hasil penelitian dan pembahasan tentang kajian moralitas dalam fabel animasi Indonesia vol.5-7, peneliti dapat memberikan saran kepada berbagai pihak berikut: (1) Pembaca: dapat membentuk pemahaman serta pola pikir yang positif mengenai ajaran moral yang dapat membentuk moralitas yang baik khususnya untuk membentuk kepribadian yang baik pada diri anak-anak; (2) Guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia: dapat dimanfaatkan sebagai tambahan pengetahuan dan materi dalam pembelajaran sastra anak yaitu apresiasi fabel dengan kajian aspek moralitas; (3) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: dapat dimanfaatkan sebagai bahan rujukan, serta masukan pengetahuan terkait mata kuliah sastra Indonesia; (4) Peneliti Selanjutnya: dapat memanfaatkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini sebagai bahan perbandingan dengan penelitian-penelitian lain yang telah ada sebelumnya, khususnya pada kajian aspek moral dalam karya sastra anak.
| SB00000H | KKI 410 lal k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain