Text
Kemampuan Menyimak Intensif Siswa Kelas V Sdn Kalianget Barat Ii Sumenep
Kemampuan menyimak merupakan bagian yang penting dan tidak dapat diabaikan dalam pengajaran bahasa, terutama bila tujuan penyelenggaraannya adalah penguasaan kemampuan berbahasa selengkapnya. Dalam pengajaran bahasa semacam itu, perkembangan dan tingkat penguasaan kemampuan menyimak perlu dipantau dan diukur melalui penyelenggaraan tes menyimak. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini berupaya mengukur kemampuan menyimak intensif siswa kelas V SDN Kalianget Barat II Sumenep tahun 2009/2010. Alat untuk mengukur kemampuan menyimak intensif siswa, yaitu tes menyimak pemahaman dengan menggunakan media wacana rekaman.
Masalah khusus yang dikaji meliputi (1) kemampuan menyimak kritis siswa kelas V SDN Kalianget Barat II, dan (2) tingkat kemampuan menyimak eksploratif siswa kelas V SDN Kalianget Barat II.
Metode penelitian yang penulis gunakan untuk mencapai tujuan di atas adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian yang penulis analisis diperoleh melalui hasil tes menyimak pemahaman yang dilakukan dalam satu kali sesuai dengan masalah penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kalianget Barat II sebanyak 24 orang. Analisa data yang digunakan adalah teknik rerata (R) terhadap tingkat kemampuan menyimak intensif siswa dengan memadukan skor kemampuan menyimak kritis dan skor kemampuan menyimak eksploratif .
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memperoleh temuan sebagai berikut: (1) kemampuan menyimak kritis secara umum tergolong cukup baik, karena tingkat kemampuan mencapai rata-rata 85,4, (2) kemampuan menyimak eksploratif tergolong baik, karena tingkat kemampuan mencapai 78,3, dan (3) kemampuan menyimak intensif siswa kelas V mencapai rerata 81,8 berada pada taraf kualifikasi 72,81 -- 86,40 yang menyatakan kontinum Baik.
Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak intensif siswa kelas V SDN Kalianget Barat II Sumenep tahun 2009/2010 secara umum tergolong baik, karena tingkat penguasaannya berada pada taraf kualifikasi baik. Namun demikian perlu ditindaklanjuti terhadap kemampuan menyimak yang bersifat ekstensif, karena dalam penelitian ini tidak di lakukan, dan terhadap hasil penelitian ini pula perlu pengembangan dalam hal tes dan bahan simakan.
| SB00162S | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain