Electronic Resource
Kemampuan Menyusun Paragraf Siswa Kelas Viii Mts Nurul Huda Mulyorejo Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2010/2011
Kemampuan menyusun paragraf sangat diperlukan dalam bidang mengarang di sekolah, agar anak didik memiliki pengetahuan dan ketrampilan sebaik mungkin terhadap bahasa Indonesia itu. Masalah pokok yang perlu dijawab adalah (1) apakah siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Mulyorejo Kab. Malang tahun pelajaran 2010/2011 mampu menyusun paragraf deduktif ?, (2) apakah siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Mulyorejo Kab. Malang tahun pelajaran 2010/2011 mampu menyusun paragraf induktif ?, (3) apakah siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Mulyorejo Kab. Malang tahun pelajaran 2010/2011 mampu menyusun paragraf campuran ?
Secara rutin penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara obyektif tentang kemampuan menyusun paragraf siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Mulyorejo Kab. Malang tahun pelajaran 2010/2011. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) kemampuan menyusun paragraf deduktif siswa ,kelas VIII MTs. Nurul Huda Mulyorejo Kab. Malang tahun pelajaran 2010/2011, (2) kemampuan menyusun paragraf induktif siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Kab. Malang tahun pelajaran 2010/2011, (3) kemampuan menyusun paragraf campuran siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Mulyorejo Kab. Malang tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu memberikan apa adanya tentang kemampuan menyusun paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 siswa dan diambil 35 siswa sebagai sampel.
Berdasarkan analisa data dan pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwa
siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Mulyorejo Kab. Malang tahun pelajaran 2010/2011 mampu menyusun paragraf deduktif, karena mendapatkan nilai 6 umIah 91%, (2) siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Mulyorejo Kab. Malang tahun pelajaran 2009/2010 mampu menyusun paragraf induktif, karena mendapatkan nilai 6 berjumlah 86%, (3) siswa kelas VIII MTs. Nurul Huda Mulyorejo Kab. Malang tahun pelajaran 2010/2011 mampu menyusun paragraf campuran, karena mendapatkan nilai 6 berjumlah 80%.
Berdasarkan basil penelitian di atas, disarankan agar (I ) menyusun paragraf sebagai faktor yang dipcrtimbangkan dalam pengajaran bahasa Indonesia, menambah porsi pembelajaran siswa agar pemahaman terhadap penyusunan paragraf jadi lebih baik, dan (3) untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lanjutan dengan lokasi dan permasalahan yang berbeda agar dapat menambah khasanah pendidikan di Indonesia.
| SB00000E | KKI 410 her k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain