Text
Peningkatan Keterampilan Membacakan Teks Berita Siswa Kelas Viii Mts. Walisongo Krebet Bulawang Malang Dengan Model Jigsaw
Pada penelitian ini memiliki latar belakang yang sangat komplek. Latar belakang itu meliputi minat siswa kurang terhadap pembelajaran keterampilan membacakan teks berita, kemudian kemampuan siswa dalam memahami isi berita juga masih kurang dan nilai belajar siswa terutama dalam membaca berita masih jelek sehingga mengakibatkan guru mata pelajran bahasa dan sastra indonesia kesulitan menggunakan strategi yang cocok dalam kegiatan pembelajaran tersebut Melihat adanya permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini, peneliti lebih memfokuskan pada bagaiman pelaksanaan pembelajaran membaca teks berita dengan menggunakan model jigsaw pada siswa kelas VIII MTs Walisongo Krebet Bululawang Malang, dan hasil pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model jigsaw pada siswa kelas VIII MTs Walisongo Krebet Bululawang Malang.
Model jigsaw adalah pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kreativitas , inovasi dan variasi belajar siswa dalam tataran ini guru hanya berperan sebagai fasilitator sedangkan kegiatan sepenuhnya dilakkan oleh siswa .Proses pembelajaran yang pertama siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang untuk memehami teks berita secara individu dan mempresentasikan hasil tugas di depan kelas.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap pada tahun 2011-2012 dengan subyek penelitian pada siswa kelas VIII MTs Walisongo Krebet Bululawang dengan jumlah siswa 30 anak instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tugas dan nontugas yang meliputi lembar angket dan lembar observasi. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model Jigsaw pada siswa VIII MTs Walisongo Krebet Bululawang. Dan selain itu penelitian ini juga berjtujuan untuk mendiskripsikan hasil pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan model Jigsaw pada siswa kelas VII MTs Walisongo Malang.
Dari hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan pada kegiatan pembelajaran berlangsung diperoleh bahwa model Jigsaw dapat meningktkan kemampuan siswa dalam membacakan teks berita hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus pada siklus 1 78,01% dan pada siklus II 83,46% hal ini dapat dikatakan pembelajaran membacakan teks berita dengan model jigsaw dapat meningkat.kemudian dilihat dari analisis hasil keterlaksanaan pembelajaran pada siklus 1 diperoleh sebesar 82.75% dan pada siklus II dipperoleh sebesar 93,10% Hal ini dapat dikatakan bahwa hasil keterlaksanaan pembelajaran meningkat. Dan dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca teks berita dengan model jigsaw sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan, selain itu hasil siswa juga memuaskan jika dilihat dari siklus I dan siklus II.
Dari penelitian tersebut peneliti mengambil simpulan bahwa penggunaan pembelajaran melalui model jigsaw dapat meningkatkan keterampilan membaca berita MTs. Walisongo Krebet Bululawang Malang dan pembelajarannya juga sudah sesuai dengan teori model jigsaw.
| SB00160S | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain