Electronic Resource
Perbedaan Kosakata Bahasa Yamdena Selatan Dan Yamdena Utara
Bahasa Indonesia merupakan salah satu ragam bahasa nasional yang sangat tinggi nilainya. Oleh karena itu, bahasa Indonesia perlu dilestarikan dan dikembangkan. Salah satu upaya pelestarian dan pengembangannya dapat ditempuh dengan pelaksanaan bahasa Indonesia di sekolah. Pembelajaran bahasa Indonesia sudah dilaksanakan pada jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama bahkan Sekolah Menengah Atas.
Pembelajaran bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran bahasa meliputu 4 aspek ketrampilan yaitu Membaca, Mendengar, Menulis, Berbicara. Ketrampilan menulis termasuk ketrampilan berbahasa, sangat penting untuk dikuasai dalam pembelajaran dikelas, pembelajaran ketrampilan menulis harus disajikan secara terpadu dengan ketrampilan berbahasa lain.
Berkaitan dengan ketrampilan menulis surat pribadi berbahasa Indonesia. Dalam menulis surat pribadi siswa harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya siswa harus memperhatikan kelengkapan bagian-bagian surat yang lengkap, penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar dan penggunaan diksi.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskriptif tentang kemampuan menulis surat pribadi berbahasa Indonesia pada kelas V SD negeri Ponggok III Blitar. Untuk memperoleh hasil yang diharapkan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan pendekatan deskriptif kualitatif karena datanya bersifat kualitatif yaitu berupa kata-kata atau kalimat.
Secara garis besar kesimpulan yang dapat dikemukakan dari penelitian ini adalah siswa masih banyak yang kurang memperhatikan dari segi ejaan dan tanda baca, sehingga mengakibatkan pembaca sulit memahami isi surat. Selain itu, ada beberapa siswa yang juga kurang memperhatikan kelengkapan bagian-bagian surat pribadi.
Beberapa saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian yang dapat ditemukan yakni (1) Peneliti lanjut diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai landasan untuk melakukan penelitian sejenis, yaitu kemampuan menulis surat, (2) Mahasiswa dapat menjadikan hasil penelitian ini untuk memperluas wawasan mengenai surat pribadi, (3) Bagi guru sebagai pelaksana terdepan kurikulum dan pembelajaran guru sekolah dasar dapat menggunakan hasil-hasil dari penelitian ini untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil-hasil dari studi pendahuluan dapat dijadikan bahan perbandingan.
| SB00000C | KKI 410 sin p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain