Electronic Resource
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif STAD
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui strategi pembelajaran kooperatif STAD siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto dan bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui strategi pembelajaran kooperatif STAD siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto.
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui strategi pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto dan memperoleh deskripsi tentang hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui strategi pembelajaran kooperatif STAD siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Instrumen tes berupa LKS, sedangkan nontes berupa lembar observasi dan angket. Teknik pengumpulan data melalui data tes dan nontes.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh temuan bahwa strategi kooperatif STAD ini membuat siswa dapat memahami cara menulis puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat. Selain itu, siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang dapat menulis puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat. Siswa juga tuntas dalam belajar karena sudah memenuhi SKM yang ditentukan pihak sekolah. Selain itu, hasil belajar siswa memuaskan untuk menyelesaikan tugas menulis puisi yaitu meningkat dari siklus I ke siklus II.
Dari temuan penelitian tersebut, peneliti mengambil simpulan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi selama pembelajaran berlangsung pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto dan pelaksanaan pembelajarannya dalam penelitian ini sudah disesuaikan dengan teori strategi pembelajaran kooperatif STAD.
SB00151S | kki 410 PUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain