Electronic Resource
Peningkatan Pembelajaran Puisi Melalui Strategi TPS (Think, Pair, and Share) Siswa Kelas X MA Nurul Yaqin Probolinggo
Penerapan strategi TPS (Think, Pair, and Share) dalam kegiatan pembelajaran puisi, adalah mengatasi semua kekurangan-kekurangan yang ada dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung, terutama berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dan mengkaji atau menelaah unsur puisi. Dalam hal ini, melatih siswa menjadi siswa aktif dan kreatif dalam berfikir dan menuangkan pendapatnya dalam sebuah karya puisi. Dengan begitu, diharapkan prosedur strategi pembelajaran TPS (Think, Pair, and Share) dilakukan dengan baik, akan tercipta suatu pembelajaran yang efektif, menarik, kreatif, aktif dan menyenangkan sehingga pendidikan yang di cita-citakan tercapai.
Pembelajaran TPS (Think, Pair, and Share) adalah salah satu strategi pembelajaran yang di dalamya terdapat kegiatan-kegiatan berpikir secara individu, berfikir secara berpasangam, dan berfikir secara berempat/berlima. Proses pembelajarannya yang pertama siswa berpikir secara individual dalam menulis puisi (tahap think). Dan proses yang kedua, siswa secara berpasangan atau berdua (tahap pair) menelaah dari sisi bait, rima, dan irama dari puisi yang telah dibuat. Dan tahap selanjutnya, siswa membentuk kelompok empat orang atau lima orang (tahap share) untuk mendiskusikan dari kajian puisi yang telah dibuat dan menemukan bahasa kias atau majas yang terdapat dalam masing-masing puisi tersebut. Dari masing-masing tahap tersebut, siswa memaparkan atau mempresentasikan hasil tugas di depan kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran puisi dengan strategi TPS siswa kelas X MA Nurul Yaqin Kabupaten Probolinggo dan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran puisi menggunakan strategi TPS siswa kelas X MA Nurul Yaqin Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2010 – 2011 di kelas X MA Nurul Yaqin Probolinggo. Subjek dalam penelitian ini kelas X MA Nurul Yaqin Probolinggo berjumlah 18 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 73,2% sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II terdapat adanya peningkatan yang cukup baik yaitu sebesar 91,07% dan berada pada kriteria sangat tinggi. Dan hasil penelitian keaktifan siswa siklus I mencapai 75.7% dengan demikian keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana sangat baik dan kualitas ketercapaian sangat tinggi dalam pembelajaran. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dalam observasi keaktifan siswa diperoleh data bahwa keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran siklus II rata-ratanya 89.28%. Berarti keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran bila dilihat dari kriteria skor penilaian prosentase dinyatakan sangat tinggi pada siklus II. Sedangkan Hasil angket respon siswa pada siklus I sebesar 79,02% dan dinyatakan bahwa respon siswa bila dilihat dari kriteria skor penilaian prosentase dinyatakan sangat tinggi pada siklus I. Dalam hal ini, bila dibandingkan dengan hasil angket respon siswa pada siklus II meningkat sebesar 86,18% dan hal ini dinyatakan kualitas ketercapaian sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar dalam pembelajaran dengan strategi TPS ditinjau dari ketuntasan belajar pada siklus I siswa yang memenuhi SKM berjumlah 11 siswa atau 61,11% sedangkan pada siklus II siswa yang memenuhi SKM berjumlah 16 siswa atau 88,89% dari 18 siswa. Dan hasil belajar ditinjau dari nilai rata-rata pada siklus I nilai rata-rata sebesar 70,66 sedangkan pada siklus II meningkat yaitu mencapai 81,80.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini dengan strategi TPS, dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X MA Nurul Yaqin Probolinggo. Dan dapat disarankan kepada guru, peneliti selanjutnya, dan mahasiswa dalam penelitian ini untuk dijadikan ucuan untuk strategi pembelajaran yang mendukung pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan (PAKEM).
SB00142S | xii, 155hlm 26cm | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain