Electronic Resource
Kemampuan Mengapresiasi Unsur Ekstrinsik Puisi Siswa Kelas III SDN Alastengah I Besuk Probolinggo
Apresiasi sastra, sejajar dengan pokok bahasan lain, harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa. Sasaran penguasaan pokok bahasan apresiasi sastra Indonesia ini terumus dalam tujuan pengajaran apresiasi. Hal ini dapat kita lihat dalam rumusan tujuan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia. Tujuan penelitian tentang masalah apresiasi di kalangan SDN ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pelajar SDN dalam mengapresiasi sebuah karya sastra. Hasil yang diperoleh dari penelitian apresiasi sastra tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangan di dalam meningkatkan kemampuan apresiasi di kalangan pelajar SDN.
Masalah yang berkaitan dengan penelitian ini memang cukup luas. Dari keluasan masalah ini berkaitan dengan berbagai variabel, yang meliputi : (1) kemampuan apresiasi, (2) puisi, sebagai suatu genre sastra. Menurut (Squire dan Taba dalam Aminuddin, 1987: 34), bahwa apresiasi suatu proses yang melibatkan beberapa aspek. Aspek yang dimaksudkan adalah meliputi : (1) aspek kognitif, (2) aspek emotif, dan (3) aspek evaluatif.
Sesuai dengan pembatasan masalah di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas III SDN Alastengah I Besuk, Probolinggo dalam memahami tema sebuah puisi?; (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas III SDN Alastengah I Besuk, Probolinggo dalam memahami perasaan sebuah puisi?; (3) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas III SDN Alastengah I Besuk, Probolinggo dalam memahami nada/suasana dalam puisi?; (4) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas III SDN Alastengah I Besuk, Probolinggo dalam memahami amanat dalam puisi?
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran obyektif tentang kemampuan siswa kelas III SDN Alastengah I Besuk, Probolinggo dalam mengapresiasikan unsur instrinsik puisi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran obyektif siswa kelas III SDN Alastengah I Besuk, Probolinggo tentang: Kemampuan mengapresiasikan unsur ekstrinsik puisi tentang memahami tema dalam puisi; Kemampuan mengapresiasikan unsur ekstrinsik puisi tentang memahami perasaan dalam puisi.
Berdasarkan deskripsi hasil penafsiran data, maka secara aspektual dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Siswa kelas III SDN Alastengah I Besuk, Probolinggo tahun ajaran 2010/2011 belum mampu mengapresiasi unsur tema dalam puisi. Siswa Kelas III SDN Alastengah I Besuk, Probolinggo tahun ajaran 2010/2011 mampu mengapresiasi unsur perasaan dalam puisi. Siswa Kelas III SDN Alastengah I Besuk, Probolinggo tahun ajaran 2010/2011 mampu mengapresiasi unsur nada/suasana dalam puisi.
SB00141S | kki 410 USM s/k | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain