Electronic Resource
Analisis Kesalahan Bebahasa Dalam Surat Pribadi Yang Ditulis Siswa Kelas VII Semester I SMP Islam Sumberanyar Paiton Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011
Analisis kesalahan perlu di kaji karena memiliki manfaat yang besar bagi pembelajaran bahasa kedua, pembelajaran Bahasa Indonesia termasuk di dalamnya siswa Kelas VII Semester I SMP Islam Sumberanyar Paiton Probolinggo, dalam membuat Surat Pribadi tidak terlepas dari unsur kesalahan. Kesalahan itu sebetulnya hal yang wajar karena kesalahan itulah orang bisa memperbaiki diri dalam kehidupan sehari-hari orang sering melakukan kesalahan penulisan surat Dinas di Lembaga Pemerintah atau Lembaga Pendidikan khususnya siswa Kelas VII Semester I SMP Islam Sumberanyar Paiton Probolinggo.
Berdasarkan latar belakang masalah itu, masalah pokok dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut “ jenis-jenis kesalahan apa yang terdapat dalam Surat Pribadi yang ditulis siswa Kelas VII Semester I SMP Islam Sumberanyar Paiton Probolinggo?”
Berkaitan dengan masalah itu tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam penulisan Surat Pribadi yang ditulis siswa Kelas VII Semester I SMP Islam Sumberanyar Paiton Probolinggo. Metode penelitian ini menggunakan metode diskripsi. Hal ini didasarkan pada sifat karakteristik data dan tujuan penelitian. Data yang berupa kesalahan-kesalahan tersebut dikumpulkan dari tugas menulis Surat Pribadi yang dikerjakan siswa Kelas VII Semester I SMP Islam Sumberanyar Paiton Probolinggo, sejumlah 44 pucuk surat, pengelolaan data dilakukan secara kualitatif artinya peneliti menggolongkan jenis kesalahan, menjelaskan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan secara menyimpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Surat Pribadi yang ditulis siswa Kelas VII Semester I SMP Islam Sumberanyar Paiton Probolinggo terdapat kesalahan ejaan dan tanda baca: (1) kesalahan penggunaan huruf kapital sejumlah 41 kesalahan (23,56%), (2) kesalahan menggunakan tanda baca titik sejumlah 31 kesalahan (17,82%), (3) kesalahan menggunakan tanda baca koma sejumlah 35 kesalahan (20,11%), (4) kesalahan menggunakan tanda baca titik dua sejumlah 30 kesalahan (17,24%) merupakan kesalahan yang paling banyak, kesalahan pilihan kata sejumlah 12 kesalahan, (6,90%) kesalahan penggunaan kalimat sejumlah 25 kesalahan (14,37%)
Kesalahan ejaan dan tanda baca tersebut barang kali disebabkan siswa belum sepenuhnya memahami tentang ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Kesalahan pilihan kata tampaknya disebabkan oleh pengaruh bahasa pertama (bahasa jawa), kesalahan penggunaan kalimat ini barang kali disebabkan pengaruh bahasa daerah.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hal-hal sebagai berikut : (1) bagi guru (pembina) bahasa Indonesia penggunaan bahasa tulis dalam surat menyurat perlu ditingkatkan khususnya Kelas VII Semester I SMP Islam Sumberanyar Paiton Probolinggo, (2) bagi peneliti lanjut dapat dilakukan penelitian yang lebih luas menyangkut penelitian Surat Pribadi, tidak hanya siswa Kelas VII Semester I SMP Islam Sumberanyar Paiton Probolinggo.
SB00135S | KKI 410 UMA a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain