Electronic Resource
Kemampuan Menulis Kalimat Tanya Siswa Kelas VIII Semester I MTs. Nurul Yaqin Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011
Skripsi ini berjudul kemampuan “Kemampuan Menulis Kalimat Tanya Siswa Kelas VIII Semester I MTs. Nurul Yaqin Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pengajaran bahasa Indonesia khususnya masalah kalimat tanya. Pentingnya pengajaran Bahasa Indonesia itu bersumber dari Kurikulum Bahasa Indonesia SD terbaru yang menjelaskan bahwa pengajaran menulis berperan membantu siswa untuk mengkonsumsikan perasaan, pendapat, keyakinan, dan pengalaman kepada orang lain secara berkesinambungan.
Tujuan yang diharapkan ada dua yaitu: umum dan khusus. Tujuan umum ialah memperoleh gambaran objektif tentang kemampuan siswa dalam menulis kalimat tanya. Adapun tujuan khusus ialah memperoleh gambaran obyektif tentang
Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII Semester I MTs. Nurul Yaqin Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi ini berjumlah 35 siswa. Dari 35 siswa diambil seluruhnya sebagai sampel penelitian atau 100% dari jumlah populasi, secara random sampling. Alat yang digunakan untuk mengambil data berbentuk tes obyektif pilihan ganda. Tes ini digunakan untuk menjaring data dan berfungsi sebagai instrumen penelitian.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik yang digunakan ada tiga macam yaitu: random sampling, teknik tes, dan teknik pengolahan data untuk proses penelitian. Teknik yang ditempuh untuk mengolah data penelitian secara umum meliputi (1) menghitung frekuensi (f) dan f % (2), menghitung frekuensi meningkat (fm) dan fm %, (3) penggambaran kuantitas kemampuan berupa histogram dan grafik garis.
Berdasarkan hasil analisis dianggap mampu apabila 60% atau lebih siswa sampel dapat menjawab benar, dan 60% atau lebih dari jumlah soal yang tersedia terjawab benar. Dengan demikian hasilnya dapat disimpulkan bahwa siswa Kelas VIII Semester I MTs. Nurul Yaqin Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011 mampu menulis kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya (apa, mengapa, siapa, berapa, dan kapan) dalam bahasa Indonesia.
Dari uraian diatas maka disarankan (1) meningkatkan pelAjaran menulis kalimat tanya, (2) untuk mengembangkan Kemampuan Menulis Kalimat tanya tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas saja melainkan harus diimbangi kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan penelitian lanjut tentang aspek-aspek yang belum dibahas.
SB00134S | KKI 410 MAY k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain