Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN Kotaanyar 3 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011
Dalam sejarah perkembangan hingga kini, manusia dalam berkomunikasi dengan sesamanya menggunakan dua jenis bahasa, yaitu bahasa lisan dan bahasa tulis. Sejarah komunikasi dengan bahasa tulis terjadi kemudian setelah bahasa lisan.
Sehubungan dengan komunikasi lisan, manusia dituntut mampu berbicara dan mampu menyimak (mendengarkan). Sementara itu untuk dapat berkomunikasi secara tulis, manusia dituntut untuk membaca dan menulis.
Berkenaan dengan ini, yang ingin mengetahui dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara atau berpidato pada siswa kelas V SDN Kotaanyar 3 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011. Dipilihnya siswa kelas V karena disertai dengan alasan, yaitu sebuah anggapan bahwa mereka telah memiliki kemampuan berpidato.
Tujuan khusus penelitian ini ingin mengetahui: (1) Ketrampilan menggunakan diksi siswa kelas V SDN Kotaanyar 3 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Ketrampilan menyusun kalimat siswa kelas V SDN Kotaanyar 3 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, dan (3) Ketrampilan menggunakan intonasi siswa kelas V SDN Kotaanyar 3 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif. Metode diskriptif dirancang untuk memperoleh informasi tentang status gejala pada saat penelitian dilakukan.
Penelitian ini menggunakan teknik individu yang sangat kecil dalam populasi dalam penelitian ini mengandung pengertian populasi. Hal ini mengingat jumlah demikian, yang dimaksud sampel dengan populasinya, populasi dan sampel penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas V SDN Kotaanyar 3 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011, jumlah seluruh individu dalam populasi ini 40 siswa.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) Ternyata siswa kelas V SDN Kotaanyar 3 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011 terampil memilih diksi yang baik, (2) Ternyata siswa kelas V SDN Kotaanyar 3 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011 terampil menggunakan kalimat dengan baik, dan (3) Ternyata siswa kelas V SDN Kotaanyar 3 Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011 terampil menggunakan intonasi dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia banyak memberi latihan-latihan kepada siswa dalam aspek penggunaan diksi, penggunaan kalimat dan penggunaan intonasi. Hal ini dimaksud untuk memberikan peluang kepada para siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berbicara ketingkat yang lebih baik dikemudian hari.
SB00132S | KKI 410 VER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain