Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Kemampuan Membaca Wacana Jurnalistik Cetak Berdasarkan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas 9 MTs Ro’iyatus Syamsi Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2011/2012

Electronic Resource

Peningkatan Kemampuan Membaca Wacana Jurnalistik Cetak Berdasarkan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas 9 MTs Ro’iyatus Syamsi Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2011/2012

Akhmad Zaenuri - Nama Orang; Drs. Edy Susilo, M.Pd - Nama Orang; Vanda Hardinata, M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran dengan pendekatan konstektual adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimliki dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementara siswa memperoleh pengetahuan dan pengetahuan ketrampilan dengan konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkontruksi sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat(Arminya 2006;13).Sistem pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dalam proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi pembelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan materi pelajaran yang konteksnya kehidupannyata siswa dan lingkungan konteks pribadi,sosial serta budaya.Arminya(2006: 13) mengemukakan bahwa pada abad ke-20 Jon Dewey sudah mengemukakan konsep pembelajaran kontekstual diikuti oleh Kaiz, Howey dan Zimpher.pembelajaran dengan pendekatan kontekstual merupakan sebuah konsep pembelajaran yang membantu guru menghubungkan mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan pembelajaran yang memotivasi siswa agar menghubungkan dengan situasidunia nyata dan pembelajaran yang menghubungkan pengetahuan dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
Pembelajaran memuat dua proses kegiatan, yaitu kegiatan guru dan kegiatan siswa.Kegiatan guru melakukan proses dan menjadikan siswa belajar, sedangkan kegiatan siswa melakukan kegiatan belajar.Kontekstual memuat makna hubungan dengan situasi yang ada hubungannya dengan kejadian sehari-hari, jadi dalam proses pembelajaran diharap bahwa siswa dapat menghubungkan pengetahuan yang dimilikinyadengan konteks dunia luar.Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pendekatan kontekstual adalaah pembelajaran yang membantu guru mengaitkan isi materi pembelajaran dengan dunia sehingga dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi yang sedang dipelajarinya.Dalam pembelajaran dengan model kontekstual, peran guru adalah membantu siswa untuk belajar dan peran siswa adalah melakukan aktivitas belajar.Pembelajaran ditekankan pada siswa secara aktif untuk membangun sendiri pengetahuan dengan bantuan guru.


Ketersediaan
SB00129SKKI 410 ZAE p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 ZAE p/s
Penerbit
Malang : Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia Unikama., 2012
Deskripsi Fisik
xi, 67hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Pembelajaran dengan Model Kontekstual
Skripsi
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Peningkatan Kemampuan Membaca Wacana Jurnalistik Cetak Berdasarkan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas 9 MTs Ro’iyatus Syamsi Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2011/2012
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik