Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Anak Dengan Media Gambar Siswa Kelas V Mi Mabruk Qur’an Pujon – Malang Tahun Ajaran 2011/2012
Pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini membutuhkan perhatian yang khusus dari para pengajar. Sesuai dengan kurikulum yang menuntut tercapainya suatu Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maka guru harus dapat menjalankan tugas mengajar dengan sebaik-baiknya supaya peserta didik dapat tuntas belajar Bahasa Indonesia. Di MI Mabruk Qur’an Pujon-Malang dalam kegiatan pembelajaran menulis, siswa masih banyak mengalami kesulitan dan metode pembelajaran masih kurang menarik siswa. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya pemanfaatan media dan kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga menyebabkan minat dan semangat siswa dalam pembelajaran menjadi kurang dan hasil yang dicapai tidak maksimal. Dengan media yang berupa gambar akan memudahkan siswa dalam menuangkan gagasannya, jika dibandingkan tanpa adanya media berupa gambar (media visual). Media gambar dapat merangsang siswa untuk memberikan imajinasi dan membuat siswa untuk kreatif dalam penulisan puisi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah peneliti membahas Bagaimana kemampuan menulis puisi pra media gambar, saat diterapkanya media gambar, pasca diterapkanya media gambar, setelah diterapkanya media gambar sebagai media pembelajaran siswa kelas V MI Mabruk Qur’an. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efektivitas media gambar sebagai media pembelajaran yang terefleksi dalam peningkatan kemampuan menulis puisi yang baik, agar kemampuan menulis puisi siswa lebih meningkat di Kelas 5 MI Mabruk Qur’an Pujon-Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian tersebut berdasarkan pada latar belakang yang alamiah, yaitu penelitian lapangan. Rancangan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru Bahasa Indonesia di MI Mabruk Qur’an Pujon-Malang. Subjek penelitia adalah Guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas V yang bejumlah 8 siswa.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket siswa, interview atau wawancara dengan Guru Bahasa Indonesia dan Kepala Sekolah, dan dokumentasi yang diperlukan, yaitu kurikulum pembelajaran, RPP dan tes portofolio. Dalam penelitian ini dilakulan dua siklus dengan prosedur tindakan tiap siklus, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan (3) evaluasi dan (4) refleksi.
Dari hasil pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan nilai mulai siklus I sampai dengan siklus II. Kemampuan menulis puisi pada siklus I memperolh nilai dengan rata-rata 34,8 masih di bawak KKM 60. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan menulis puisi mencapai 73,75. Dan seluruh siswa telah mecapai nilai di atas KKM 60. Hal ini menunjukan PTK dapat dilakuakan dengan baik sesuai dengan prinsip PTK.
Berdasarkan hasil penelitia, kemampuan siswa menulis puisi dengan media gambar meningkat setiap siklus,hal tersebut menunjukan bahwa pelaksanaan tindakan yang telah peneliti susun setiap siklus efektif dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dan membantu kesulitansiswa dalam menulis puisi.
Dengan upaya meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi dengan media gambar, membuktikan bahwa dengan menggunakan megia gambar dalam penerapan pembelajaran menulis puisi dapat dikatakan berhasil dan dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya menulis puisi.
| SB00127S | KKI 410 KUM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain