Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Media Gambar Kelas IV MI. Kholafiyah Syafi’iyah Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo
Kemampuan Menulis Narasi Melalui Media Gambar Kelas IV MI. Kholafiyah Syafi’iyah Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi khususya dikalangan akademis, maka pembinaan menulis narasi bagi siswa berguna untuk membiasakan siswa berpikir logis dan kritis. Selain itu untuk membina siswa supaya mampu mengungkapkan gagasan atau ide-ide pokok secara tertulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran, yaitu media gambar pada pelajaran bahasa Indonesia di MI. Kholafiyah Syafi’iyah Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo TahunPelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan metode penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif karena di dalam penelitian tersebut berdasarkan pada latar belakang yang alamiah, yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan. Sedangkan populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI. Kholafiyah Syafi’iyah Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2011/2012. Selanjutnya diambil sampel siswa kelas IV seluruhnya, yaitu sebanyak 18 anak. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan tes khusus mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV semester genap tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa penggunaan media pembelajaran sangat memiliki pengaruh besar terhadap tingkat pemahaman siswa dalam menulis narasi, hal ini terbukti dengan hasil tes yang menunjukkan tingkat ketuntasan belajar mencapai hasil yang memuaskan, yaitu sebanyak 14 siswa dari 18 sampel yang mencapai kriteria ketuntasan maksimal. Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan nilai hasil aktivitas dan nilai hasil belajar kemampuan menulis karangan narasi yang dicapai, yaitu terbukti pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa 57,22 dan siswa yang mencapai nilai 65 (KKM) yaitu 8 siswa atau 44,44%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa 70,83 dan siswa yang mencapai nilai 65 (KKM) yaitu 14 siswa atau 77,78%. Dengan demikian, penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan narasi dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV MI. Kholafiyah Syafi’iyah Patemon Krejengen Probolinggo.
SB00113S | KKI 410 SAD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain