Electronic Resource
Peningkatan Kemampuan Membaca Awal dengan Media Papan flanel Siswa Kelas I MINU Miftahul Ulum Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang
Proses pembelajaran membaca awal di Sekolah Dasar masih didominasi dengan pembelajaran yang konvensional tanpa dilengkapi dengan alat peraga, sehingga hasil belajarnya kurang maksimal. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan media papan flanel yang dilengkapi dengan kartu huruf dan kartu gambar. Dengan media diharapkan kualitas pembelajaran membaca awal dapat meningkat. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan membaca awal dengan menggunakan media papan flanel siswa kelas I MINU Miftahul Ulum Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang; (2) Mendeskrispsikan penerapan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas I MINU Miftahul Ulum Jambearjo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MINU Miftahul Ulum Jambearjo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun sebagai subyeknya adalah guru kelas I dan siswa kelas I sejumlah 18 anak.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Pembelajaran membaca awal dengan menggunakan media papan flanel yang dilengkapi dengan kartu huruf dan kartu gambar memudahkan guru dalam menyampaikan materi, mudah dipahami siswa, dan dapat tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan; (2) Pembelajaran membaca awal dengan menggunakan media papan flanel dimulai dari yang sederhana menuju hal-hal yang sulit dengan mengenalkan huruf dirangkai menjadi suku kata, suku kata menjadi kata, kata menjadi kalimat; (3) Pemberian contoh dalam memasang media papan flanel menjadikan hasil tempelan teratur; (4) Pengaturan strategi dalam pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar dan penggunaan waktu; (5) Pengelolaan kelas yang baik mendukung lancarnya proses pembelajaran; (6) Menyanyi bersama lagu abjad dapat membantu guru memusatkan perhatian siswa.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel yang dilengkapi kartu huruf dan kartu gambar siswa kelas I MINU Miftahul Ulum Jambearjo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2011/2012, mudah di laksanakan, mudah di pahami dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca awal. Hal ini terbukti hasil belajar pada siklus I 61,1%, siklus II 77,7%, proses pembelajarannya menjadi aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Penyajian materinya runtut dari hal-hal sederhanamengenalkan huruf menjadi suku kata, suku kata menjadi kata, kata menjadi kalimat sederhana. Saran dari peneliti yaitu : (1) Hendaknya dalam pembelajaran membaca awal menggunakan media papan flanel yang dilengkapi kartu huruf dan kartu gambar agar siswa terlibat secara langsung; (2) Dalam menyajikan materi membaca permulaan hendaknya dimulai dari hal-hal yang sederhana dan secara runtut agar mudah dipahami siswa.
| SB00109S | KKI 410 KUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain