Electronic Resource
Kemampuan Menggunakan Tanda Baca dalam Kalimat Siswa Kelas V SDN 07 Sumberpucung Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2011/2012
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pengajaran bahasa Indonesia khususnya masalah tanda baca. Pentingnya tujuan pengajaran bahasa Indonesia itu bersumber dan kurikulum bahasa Indonesia SD 1994 yang menjelaskan bahwa pengajaran menulis tanda baca berperan membantu murid untuk mengkomunikasikan perasaan, pendapat, keyakinan, dan pengalaman kepada orang lain secara berkesinambungan.
Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini ada dua yaitu umum dan khusus. Tujuan umum ialah memperoleh gambaran atau deskripsi obyektif tentang kemampuan menulis tanda baca siswa kelas V SDN 07 Sumberpucung Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012. Adapun tujuan khusus ialah memperoleh deksripsi obyektif tentang kemampuan menggunakan tanda titik, tanda koma, tanda titik koma, tanda titik dua dan tanda seru dalam kalimat.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 07 Sumberpucung Malang tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 32 murid. Dan 32 murid diambil semua bagian sampel atau 100% dan jumlah populasi secara random sampling.
Alat yang digunakan untuk mengambil data berbentuk tes obyektif pilihan ganda. Tes ini digunakan untuk menjaring data dan berfungsi sebagai instrumen penelitian.
Metode yang digunakan ialah metode deskriptif. Adapun teknik yang digunakan yaitu: (1) random sampling, (2) teknik tes, (3) teknik pengolahan data untuk diproses. Teknik yang ditempuh untuk mengolah data penelitian secara umum meliputi 1) menghitung frekuensi (f) dan f % (2) menghitung frekuensi meningkat (fm) dan fm (%) (3) penggambaran kualitas berupa histogram dan grafik garis.
Berdasarkan hasil analisis, dianggap mampu apabila 60% lebih dan jumlah soal yang tersedia terjawab benar. Sesuai dengan kriteria tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN 07 Sumberpucung Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012 mampu menggunakan tanda titik, tanda koma, tanda titik koma, tanda titik dua, dan tanda seru dalam kalimat.
Dari hasil penelitian di atas disarankan agar (1) meningkatkan pengajaran bahasa Indonesia khususnya tanda baca, (2) murid hendaknya dibimbing dan di latih menggunakan tanda baca secara kontinyu, (3) untuk mengembangkan kemampuan siswa tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas saja melainkan harus diimbangi dengan kegiatan ekstrakurikuler, (4) mengadakan penelitian lanjutan tentang aspek-aspek yang belum dilaksanakan.
| SB00108S | KKI 410 KHO k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain