Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Kompetensi Membaca berita Siswa Kelas VIII E SMPNEGERI 02 Bululawang, Malang Dengan Model Pembelajaran Make A Make

Electronic Resource

Peningkatan Kompetensi Membaca berita Siswa Kelas VIII E SMPNEGERI 02 Bululawang, Malang Dengan Model Pembelajaran Make A Make

Khoirul Al Amin - Nama Orang; Ahmad Husin, M.Si, M.Pd - Nama Orang; Azam Arif, S.Pd, M.Pd - Nama Orang;

Permasalahan yang muncul dari latar belakang ini adalah apakah model Pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Membaca berita siswa kelas VIII E SMP NEGERI 02 Bululawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi membaca berita siswa kelas VIII E SMP NEGERI 02 Bululawang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan model Make A Make dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kegiatan Kompetensi Membaca berita kelas VIII E SMP NEGERI 02 Bululawang. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di kelas VIII E SMP NEGERI 02 Bululawang pada bulan April hingga Mei 2012.
Membaca pemahaman adalah kegiatan membaca yang bertujuan untuk memahami. Model Make A Macth adalah model pembelajaran yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Model Make A Macth digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tugas, karena model Make A Macth memberikan kesempatan siswa untuk memikirkan sendiri jawaban yang sesuai dengan permasalahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII E semester 2 SMP NEGERI 02 Bululawang. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk memecahkan masalah yang aktual dengan cara mengumpulkan, menyusun, mengklasifikasikan, menganalisis dan kemudian menginterpretasikan data yang diperoleh dengan pendekatan kuantitatif (Surakhmad,1994: 140). Dengan menggunakan model Make A Macth.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan membaca berita siswa meningkat dengan penerapan model Make A Macth secara berkelompok dan berdiskusi. Siklus I terdapat 52,5% dan siklus II 78% siswa belum tuntas, tetapi di siklus III 93,3% siswa yang tututas. Saran dalam penelitian ini guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan model Make A Make sebagai model alternatif dalam pembelajaran di kelas agar dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa kelas VIII E SMP NEGERI 02 Bululawang Malang.
Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 85,22 % sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II terdapat adanya peningkatan yang cukup baik yaitu sebesar 98,61 % dan berada pada kriteria sangat tinggi. Dan hasil penelitian keaktifan siswa pada siklus I mencapai 71,33 % dan siklus II 77,88% sedangkan pada observasi keaktifan siswa siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata 85% dan berada pada kriteria sangat tinggi. Selanjutnya, hasil angket respon siswa pada siklus I sebesar 80 % dan siklus II 85% dinyatakan bahwa respon siswa bila dilihat dari kriteria skor penilaian prosentase dinyatakan tinggi. Dalam hal ini, bila dibandingkan dengan hasil angket respon siswa pada siklus III meningkat sebesar 93,75 % dan hal ini dinyatakan kualitas ketercapaian sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar dalam pembelajaran dengan model Make A Make ditinjau dari ketuntasan belajar pada siklus I siswa yang memenuhi SKM berjumlah 33 siswa atau 70 % dan siklus II berjumlah 35, sedangkan pada siklus III siswa yang memenuhi SKM berjumlah 38 siswa atau 99% dari 38 siswa. Dan hasil belajar ditinjau dari nilai rata-rata pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 52,5% dan siklus II 78% sedangkan pada siklus III meningkat yaitu mencapai 93,3%.


Ketersediaan
SB00105SKKI 410 AMI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 AMI p/s
Penerbit
Malang : Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia Unikama., 2012
Deskripsi Fisik
xviii
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Kemampuan Memahami Isi Berita
Skripsi
Model Make A Match
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Peningkatan Kompetensi Membaca berita Siswa Kelas VIII E SMPNEGERI 02 Bululawang, Malang Dengan Model Pembelajaran Make A Make.
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik