Electronic Resource
Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Wacana Argumentatif Siswa Kelas X di SMA PGRI Lawang
Penelitian ini mengkaji tentang “Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Wacana Argumentatif Siswa Kelas X di SMA PGRI Lawang”. Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah dalam keterampilan menulis, siswa dituntut untuk memperhatikan ejaan. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan bahwa dalam keterampilan menulis wacana argumentatif, siswa kelas X mengalami kesalahan penggunaan ejaan di dalamnya.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan tanda baca titik, tanda baca koma, huruf kapital dalam wacana argumentatif siswa kelas X di SMA PGRI Lawang, dan frekuensi dari masing-masing kesalahan
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sumber datanya adalah wacana argumentatif yang ditulis oleh siswa kelas X di SMA PGRI Lawang berjumlah 80 wacana. Datanya berupa kata, kalimat, dan ejaan dalam wacana argumentatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti dan didukung dengan tabel. Teknik pengolahan data melalui beberapa tahap, yaitu seleksi data, kodefikasi data, klaisifikasi data, menganalisis data, dan menginterpretasi hasil analisis. Teknik penyajian data dengan menggunakan tabel.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut: (1) bentuk kesalahan penggunaan tanda baca titik terletak di akhir kalimat, (2) bentuk kesalahan penggunaan tanda baca koma terletak setelah kata penghubung, setelah keterangan yang terdapat pada awal kalimat, dan sebelum kata penghubung, (3) bentuk kesalahan penggunaan huruf kapital terletak pada awal kalimat, nama geografi, nama bulan, tengah kalimat, nama negara, dan nama daerah, dan (4) frekuensi kesalahan penggunaan huruf kapital 244 atau 62,6%, penggunaan tanda baca titik 20 atau 5,1%, dan penggunaan tanda baca koma 126 atau 32,3%.
Berdasarkan simpulan dari hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru Bahasa Indonesia di SMA PGRI Lawang untuk menindaklanjuti kesalahan penggunaan ejaan yang dilakukan oleh siswa kelas X, khususnya tentang penggunaan huruf kapital dan penggunaan tanda baca koma dengan melatih siswa secara terus-menerus.
SB00091S | KKI 410 SET k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain