Electronic Resource
Kemampuan Menyusun Paragraf Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kemampuan menyusun paragraf sangat diperlukan dalam bidang mengarang di sekolah, agar anak didik memiliki pengetahuan dan ketrampilan sebaik mungkin terhadap bahasa Indonesia itu. Masalah pokok yang perlu dijawab adalah (1) apakah siswa kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kab. Malang tahun pelajaran 2011/2012 mampu menyusun paragraf deduktif ?, (2) apakah siswa kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012 mampu menyusun paragraf induktif ?, (3) apakah siswa kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012 mampu menyusun paragraf campuran ?
Secara rutin penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara obyektif tentang kemampuan menyusun paragraf siswa kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) kemampuan menyusun paragraf deduktif siswa ,kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012, (2) kernampuan menyusun paragraf induktif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012, (3) kemampuan menyusun paragraf campuran siswa kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu memberikan apa adanya tentang kemampuan menyusun paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran. Populasi dalam penelitian ini adalah 68 siswa dan diambil 35 siswa sebagai sampel.
Berdasarkan analisa data dan pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwa
siswa kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012 mampu menyusun paragraf deduktif, karena mendapatkan nilai 7j umIah 91%, (2) siswa kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012 mampu menyusun paragraf induktif, karena mendapatkan nilai 7 berjumlah 86%, (3) siswa kelas VIII SMPN 2 Ampelgading Kabupaten Malang tahun pelajaran 2011/2012 mampu menyusun paragraf campuran, karena mendapatkan nilai 7 berjumlah 80%.
Berdasarkan basil penelitian di atas, disarankan agar (I ) menyusun paragraf sebagai faktor yang dipcrtimbangkan dalam pengajaran bahasa Indonesia, menambah porsi pembelajaran siswa agar pemahaman terhadap penyusunan paragraf jadi lebih baik, dan (3) untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lanjutan dengan lokasi dan permasalahan yang berbeda agar dapat menambah khasanah pendidikan di Indonesia.
SB00073S | KKI 410 WAS k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain