Electronic Resource
Analisis Kemampuan Berpikir Konvergen dan Divergen Peserta Didik pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 1 Dampit
Hasil observasi di SMP Negeri 1 Dampit kelas VIII A, diperoleh bahwa peserta didik kurang teliti dan kurang mengeksplor cara lain dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir konvergen dan divergen peserta didik pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Dampit.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek terdiri dari 5 peserta didik kemampuan berpikir konvergen dan 5 peserta didik kemampuan berpikir divergen. Prosedur pengumpulan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Indikator kemampuan berpikir konvergen yaitu, fluency dan accuracy. Indikator kemampuan berpikir divergen yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Data di analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu pencapaian indikator kemampuan berpikir konvergen meliputi fluency 57% dan accuracy 62%, selanjutnya pencapaian indikator kemampuan berpikir divergen meliputi fluency 67%, flexibility 45%, originality 62%, dan elaboration 75%. Kesimpulan berdasarkan kemampuan berpikir konvergen pada indikator fluency menunjukkan peserta didik memberikan jawaban salah tetapi prosedur matematis sesuai. Pada indikator accuracy menunjukkan peserta didik memberikan cara tepat dan lengkap tetapi kurang teliti dalam perhitungan. Selanjutnya kesimpulan kemampuan berpikir divergen pada indikator fluency menunjukkan peserta didik memberikan jawaban salah tetapi prosedur matematis sesuai, karena peserta didik tergesa-gesa dalam mengerjakan. Indikator flexibility menunjukkan peserta didik belum mampu menemukan lebih dari satu cara dalam menyelesaikan masalah karena kurang memiliki usaha. Indikator originality menunjukkan peserta didik menyelesaikan masalah dengan cara berbeda serta sesuai konsep. Pada indikator elaboration menunjukkan peserta didik menguraikan penyelesaian dengan rinci dan sesuai konsep tetapi jawabannya tidak tepat. Saran yang dapat disampaikan yaitu penyampaian materi lebih menekankan konsep dan memberikan macam-macam latihan soal
| SB00071S | KKI 510 EDI a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain