Electronic Resource
Pengembangan Media Bambu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-20 pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan I Tanggung Kecamatan Turen Tahun Ajaran 2021/2022
Perkembangan kognitif merupakan aspek perkembangan yang sangat penting bagi anak usia dini terutama dalam mengenal lambang bilangan. Kemampuan mengenal lambang bilangan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengenal atau mengetahui simbol atau lambang angka. Dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak dibutuhkan sebuah media pembelajaran konkret dan menarik. Media bambu angka merupakan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu anak dalam mengenal lambang bilangan 1-20. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan media bambu angka layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan I Tanggung tahun ajaran 2021/2022.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media bambu angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan I Tanggung Kecamatan Turen tahun ajaran 2021/2022.
Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi pada langkah-langkah Research and Development (R&D) yang dirancang dan dikembangkan oleh Borg & Gall. Pada penelitian pengembangan ini peneliti hanya mengambil sembilan prosedur yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah 12 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil uji beberapa tahap yaitu mulai dari uji tahap validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba lapangan terbatas, uji coba lapangan lebih luas sampai uji coba lapangan operasional, dapat diketahui hasil validasi ahli materi adalah 83,33% dan hasil validasi ahli media adalah 93,75% maka dari itu produk media bambu angka ini masuk klasifikasi “sangat layak”.
Dari uji coba lapangan terbatas pada 4 anak memperoleh persentase 79% kategori “layak”, uji coba lapangan lebih luas pada 8 anak memperoleh persentase 84% kategori “sangat layak”, dan uji coba lapangan operasional pada 12 anak memperoleh 93% kategori “sangat layak”. Hal tersebut menunjukkan bahwa media bambu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 secara optimal.
Maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media bambu angka layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan I Tanggung Kecamatan Turen. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai masukkan dan bahan pertimbangan guru dalam proses belajar mengajar aspek perkembangan kognitif khususnya dalam mengenal lambang bilangan 1-20.
| SB00068S | KKI 372 ANI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain