Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Bambu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-20 pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan I Tanggung Kecamatan Turen Tahun Ajaran 2021/2022

Electronic Resource

Pengembangan Media Bambu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-20 pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan I Tanggung Kecamatan Turen Tahun Ajaran 2021/2022

Anis Fitria Febyanti - Nama Orang; Sarah Emmanuel Haryono, M.Psi. - Nama Orang; Henni Anggraini, M.Psi. - Nama Orang;

Perkembangan kognitif merupakan aspek perkembangan yang sangat penting bagi anak usia dini terutama dalam mengenal lambang bilangan. Kemampuan mengenal lambang bilangan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengenal atau mengetahui simbol atau lambang angka. Dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak dibutuhkan sebuah media pembelajaran konkret dan menarik. Media bambu angka merupakan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu anak dalam mengenal lambang bilangan 1-20. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan media bambu angka layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan I Tanggung tahun ajaran 2021/2022.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media bambu angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan I Tanggung Kecamatan Turen tahun ajaran 2021/2022.
Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi pada langkah-langkah Research and Development (R&D) yang dirancang dan dikembangkan oleh Borg & Gall. Pada penelitian pengembangan ini peneliti hanya mengambil sembilan prosedur yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah 12 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil uji beberapa tahap yaitu mulai dari uji tahap validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba lapangan terbatas, uji coba lapangan lebih luas sampai uji coba lapangan operasional, dapat diketahui hasil validasi ahli materi adalah 83,33% dan hasil validasi ahli media adalah 93,75% maka dari itu produk media bambu angka ini masuk klasifikasi “sangat layak”.
Dari uji coba lapangan terbatas pada 4 anak memperoleh persentase 79% kategori “layak”, uji coba lapangan lebih luas pada 8 anak memperoleh persentase 84% kategori “sangat layak”, dan uji coba lapangan operasional pada 12 anak memperoleh 93% kategori “sangat layak”. Hal tersebut menunjukkan bahwa media bambu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 secara optimal.
Maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media bambu angka layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan I Tanggung Kecamatan Turen. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai masukkan dan bahan pertimbangan guru dalam proses belajar mengajar aspek perkembangan kognitif khususnya dalam mengenal lambang bilangan 1-20.


Ketersediaan
SB00068SKKI 372 ANI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ANI p/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
143 Halaman
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Skripsi
PG PAUD
Bamboo Numbers Media
Ability to Recognize Number Symbols.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Bagian 1
  • Bagian 2
  • Bagian 3
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik