Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Ranupakis 01, Lumajang dengan Metode Talking Stick

Electronic Resource

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Ranupakis 01, Lumajang dengan Metode Talking Stick

Zahro Wardatun Novidah - Nama Orang; Dr. Gatot Sarmidi, M. Pd. - Nama Orang; Drs. Edi Susilo, M.Pd. - Nama Orang;

Selama ini proses pembelajaran, siswa terlihat masih menganut model pembelajaran konvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu pula kemampuan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan kemandirian dalam belajar tidak akan tampak. Pembelajaran konvensional menganggap guru adalah satu-satunya sumber belajar yang dianggap serba tahu. Hal ini di perkuat oleh hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian, dan terbukti saat pelajaran dimulai banyak siswa yang tidak memperhatikan dan kelihatan sekali mereka merasa bosan dengan metode yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Untuk mengatasi permasalahan di atas maka secara umum dirumuskan dalam penelitian ini yaitu : Peningkatan kemampuan membaca melalui metode Talking Stick pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Ranupakis 01 Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan di kota Lumajang, tepatnya di SDN Ranupakis 01 Lumajang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena di dalam penelitian tersebut berdasarkan pada latar belakang yang alamiah, yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tahap penelitian berupa siklus yang meliputi: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (a) observasi, (b) interview. subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa (c) Pengamatan Partisipan (d) Pre Test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa penerapan metode Talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa .
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ini terbukti Pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas dari pre test sebesar 22 meningkat menjadi 24 atau sekitar 9,1% . Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata kelas dari 24 meningkat menjadi 28 atau sekitar 12,5 % dan pada siklus III aktivitas belajar siswa mangalami peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 28 meningkat menjadi 31 atau sekitar 14,8%. Hal ini terlihat pada hasil karya siswa dalam lembar kerja.


Ketersediaan
SB00063SKKI 410 NOV p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 NOV p/s
Penerbit
Malang : Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - Unikama., 2012
Deskripsi Fisik
xiv, 74hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Talking Stick Method
Skripsi
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Membaca
peningkatan
Pemahaman
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Ranupakis 01, Lumajang dengan Metode Talking Stick
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik