Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii-D Di SMP Budi Mulia Pakisaji Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar
Berdasarkan hasil observasi di SMP BUDI MULIA Pakisaji, guru matematika SMP BUDI MULIA Pakisaji menyatakan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan kurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan jenuh pada saat pembelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa menjadi pasif dan kurang kreatif sehingga menurunkan minat dan hasil belajar matematika siswa.
Model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada umumnya di gunakan untuk melibatkan siswa dalam penguatan pemahaman pembelajaran/mengecek pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa lebih bertanggung jawab atas tugas yang di berikan. Adapun langkah-langkah NHT adalah (1) persiapan, (2) pembentukan kelompok, (3) diskusi kelompok, (4) presentasi kelompok, (5) bahan hasil presentasi (evaluasi), (6) Memberikan penghargaan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP BUDI MULIA Pakisaji. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Data tentang hasil kegiatan peneliti dan siswa pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang diambil menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan, (2) Data tentang hasil belajar siswa yang diambil dengan memberikan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berhasil dan terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa memenuhi kriteria yang telah ditentukan dan minat belajar siswa yang tinggi. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai rata-rata, prosentase ketuntasan klasikal, dan wawancara untuk mengetahui minat siswa. Dari data awal siklus I dan siklus II, nilai rata-rata diperoleh hasil 76,23 dan 82,63 ketuntasan kelas 77% dan 90%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dipertimbangkan bahwa sebaiknya dalam diskusi kelompok guru matematika dapat menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat melatih siswa menjadi aktif, termotivasi dan tentunya hasil belajar siswa akan meningkat.
| SB00058S | KKI 510 MUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain