Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Upaya  Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii-D Di SMP Budi Mulia Pakisaji Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii-D Di SMP Budi Mulia Pakisaji Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar

Zumrotul Mufida - Nama Orang; Pa’is, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Drs. Djoko Adi Susilo, M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi di SMP BUDI MULIA Pakisaji, guru matematika SMP BUDI MULIA Pakisaji menyatakan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan kurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan jenuh pada saat pembelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa menjadi pasif dan kurang kreatif sehingga menurunkan minat dan hasil belajar matematika siswa.
Model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada umumnya di gunakan untuk melibatkan siswa dalam penguatan pemahaman pembelajaran/mengecek pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa lebih bertanggung jawab atas tugas yang di berikan. Adapun langkah-langkah NHT adalah (1) persiapan, (2) pembentukan kelompok, (3) diskusi kelompok, (4) presentasi kelompok, (5) bahan hasil presentasi (evaluasi), (6) Memberikan penghargaan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP BUDI MULIA Pakisaji. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Data tentang hasil kegiatan peneliti dan siswa pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang diambil menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan, (2) Data tentang hasil belajar siswa yang diambil dengan memberikan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berhasil dan terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa memenuhi kriteria yang telah ditentukan dan minat belajar siswa yang tinggi. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai rata-rata, prosentase ketuntasan klasikal, dan wawancara untuk mengetahui minat siswa. Dari data awal siklus I dan siklus II, nilai rata-rata diperoleh hasil 76,23 dan 82,63 ketuntasan kelas 77% dan 90%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dipertimbangkan bahwa sebaiknya dalam diskusi kelompok guru matematika dapat menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat melatih siswa menjadi aktif, termotivasi dan tentunya hasil belajar siswa akan meningkat.


Ketersediaan
SB00058SKKI 510 MUS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 MUS p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xiv, 210hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Numbered Heads Together
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-D di SMP BUDI MULIA Pakisaji pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik