Electronic Resource
Pengembangan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Al-Amien Sukun Kota Malang
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran secara klasikal menyebabkan kurangnya stimulus perkembangan kognitif anak usia dini. Oleh karena itu, maka perlu inovasi dari para guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik bagi anak dalam rangka meningkatkan kemampuan kognitif mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A usia 4-5 tahun di TK Al-Amien Sukun Kota Malang.
Metode penelitian ini menggunakan model research and development dari Borg dan Gall. Subjek uji coba meliputi 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 15 anak Kelompok A TK Al-Amien Sukun Kota Malang (5 anak terlibat dalam pelaksanaan uji lapangan terbatas desain produk awal, sedangkan 10 anak terlibat dalam pelaksanaan uji operasional desain produk akhir). Intrumen penelitian ini meliputi lembar kuesioner untuk para ahli, lembar observasi kemampuan kognitif anak, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) hasil validasi ahli materi tahap I persentase skornya 61% (desain awal produk ‘cukup layak’ digunakan) dengan beberapa revisi, meliputi tampilan pisau asli harus diubah menjadi gambar pisau plastik agar aman bagi anak usia dini, memberi instruksi yang jelas pada media gambar berseri tentang lama waktu menyalakan dan mematikan blender saat proses membuat jus tomat, memperhatikan penulisan huruf kapital pada kata-kata yang ada di dalam produk. Selanjutnya, hasil validasi ahli materi tahap II persentase skornya 75% (desain akhir produk ‘layak’ digunakan tanpa revisi); (2) Hasil validasi ahli media tahap I persentase skornya 57% (desain awal produk ‘cukup layak’ digunakan) dengan beberap revisi, meliputi tampilan pisau asli diubah menjadi pisau plastik agar aman bagi anak, fisik media gambar berseri dibuat seukuran buku tulis agar tidak terlalu besar, kalimat dalam produk disesuaikan dengan pemahaman anak usia dini, konsistensi penulisan font dalam produk. Selanjutnya, hasil validasi ahli media tahap II persentase skornya 75% (desain akhir produk ‘layak’ digunakan tanpa revisi). Hasil uji lapangan terbatas diketahui total skornya 47 dengan persentase sebesar 78,3% dengan kategori ‘layak’. Namun, mencermati hasil validasi ahli materi dan ahli media pada tahap I menunjukkan bahwa kedua ahli memberikan revisi terhadap rancangan produk awal, sehingga peneliti memperbaiki sesuai dengan saran-saran kedua ahli agar tersusun rancangan produk akhir yang akan diujicobakan kepada subjek kelompok besar (uji operasional). Hasil uji operasional diketahui total skornya 111 dengan persentase mencapai 92,5% dengan kategori ‘sangat layak’ sehingga menjadi produk akhir yang telah melewati proses uji validasi ahli materi dan ahli media (tahap I dan II) serta telah diujicobakan kepada subjek kelompok kecil (uji lapangan terbatas) dan subjek kelompok besar (uji operasional). Kesimpulan penelitian ini yaitu pengembangan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A usia 4-5 tahun di TK Al-Amien Sukun Kota Malang. Adapun persentase kelayakan produk hasil pengembangan ini berkisar antara 75% (layak) hingga 92,5% (sangat layak). Direkomendasikan agar produk hasil pengembangan ini dikaji lagi dan sesuai dengan keadaan sasaran yang ingin dituju, terutama jika produk ini hendak diterapkan ke sasaran yang lebih luas, sebab pengkajian hasil penelitian sangat penting guna mengevaluasi (mengecek ulang) agar kekurangan-kekurangannya bisa diperbaiki, sehingga hasilnya bermakna dan dapat digunakan pada subjek sejenis yang lingkupnya lebih luas.
SB00056S | KKI 372 NUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain