Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Al-Amien Sukun Kota Malang

Electronic Resource

Pengembangan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Al-Amien Sukun Kota Malang

Nur Thania Afifah - Nama Orang; Henni Anggraini, M.Psi - Nama Orang; Siti Muntomimah, M.Pd - Nama Orang;

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran secara klasikal menyebabkan kurangnya stimulus perkembangan kognitif anak usia dini. Oleh karena itu, maka perlu inovasi dari para guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik bagi anak dalam rangka meningkatkan kemampuan kognitif mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A usia 4-5 tahun di TK Al-Amien Sukun Kota Malang.
Metode penelitian ini menggunakan model research and development dari Borg dan Gall. Subjek uji coba meliputi 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 15 anak Kelompok A TK Al-Amien Sukun Kota Malang (5 anak terlibat dalam pelaksanaan uji lapangan terbatas desain produk awal, sedangkan 10 anak terlibat dalam pelaksanaan uji operasional desain produk akhir). Intrumen penelitian ini meliputi lembar kuesioner untuk para ahli, lembar observasi kemampuan kognitif anak, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) hasil validasi ahli materi tahap I persentase skornya 61% (desain awal produk ‘cukup layak’ digunakan) dengan beberapa revisi, meliputi tampilan pisau asli harus diubah menjadi gambar pisau plastik agar aman bagi anak usia dini, memberi instruksi yang jelas pada media gambar berseri tentang lama waktu menyalakan dan mematikan blender saat proses membuat jus tomat, memperhatikan penulisan huruf kapital pada kata-kata yang ada di dalam produk. Selanjutnya, hasil validasi ahli materi tahap II persentase skornya 75% (desain akhir produk ‘layak’ digunakan tanpa revisi); (2) Hasil validasi ahli media tahap I persentase skornya 57% (desain awal produk ‘cukup layak’ digunakan) dengan beberap revisi, meliputi tampilan pisau asli diubah menjadi pisau plastik agar aman bagi anak, fisik media gambar berseri dibuat seukuran buku tulis agar tidak terlalu besar, kalimat dalam produk disesuaikan dengan pemahaman anak usia dini, konsistensi penulisan font dalam produk. Selanjutnya, hasil validasi ahli media tahap II persentase skornya 75% (desain akhir produk ‘layak’ digunakan tanpa revisi). Hasil uji lapangan terbatas diketahui total skornya 47 dengan persentase sebesar 78,3% dengan kategori ‘layak’. Namun, mencermati hasil validasi ahli materi dan ahli media pada tahap I menunjukkan bahwa kedua ahli memberikan revisi terhadap rancangan produk awal, sehingga peneliti memperbaiki sesuai dengan saran-saran kedua ahli agar tersusun rancangan produk akhir yang akan diujicobakan kepada subjek kelompok besar (uji operasional). Hasil uji operasional diketahui total skornya 111 dengan persentase mencapai 92,5% dengan kategori ‘sangat layak’ sehingga menjadi produk akhir yang telah melewati proses uji validasi ahli materi dan ahli media (tahap I dan II) serta telah diujicobakan kepada subjek kelompok kecil (uji lapangan terbatas) dan subjek kelompok besar (uji operasional). Kesimpulan penelitian ini yaitu pengembangan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A usia 4-5 tahun di TK Al-Amien Sukun Kota Malang. Adapun persentase kelayakan produk hasil pengembangan ini berkisar antara 75% (layak) hingga 92,5% (sangat layak). Direkomendasikan agar produk hasil pengembangan ini dikaji lagi dan sesuai dengan keadaan sasaran yang ingin dituju, terutama jika produk ini hendak diterapkan ke sasaran yang lebih luas, sebab pengkajian hasil penelitian sangat penting guna mengevaluasi (mengecek ulang) agar kekurangan-kekurangannya bisa diperbaiki, sehingga hasilnya bermakna dan dapat digunakan pada subjek sejenis yang lingkupnya lebih luas.


Ketersediaan
SB00056SKKI 372 NUR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 NUR p/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
97 halaman
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Pengembangan
Skripsi
Gambar Berseri
PG PAUD
kognitif anak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Bagian 1
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Bagian 3
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik