Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Metode Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar

Electronic Resource

Peningkatan Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Metode Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar

Dwi Kurniasih - Nama Orang; Drs. Wadji, SS., M. Pd - Nama Orang; Ahmad Husin, S. Pd., M. Si., M. Pd - Nama Orang;

Bahasa adalah suatu alat komunikasi antar manusia baik berupa bahasa lisan maupun bahasa tulis. Pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII semester 1 dalam standar kompetensi menulis dan pada kompetensi dasar mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk terdapat materi tentang menulis surat dinas. Pada pembelajaran menulis surat dinas bertujuan untuk memperkenalkan surat dinas dan untuk menambah pengetahuan tentang surat dinas kepada semua siswa.
Menulis adalah suatu kegiatan mengungkapkan apa yang ada di pikiran yang di tuangkan ke dalam bentuk tulisan dengan tujuan tertentu. Menulis surat dinas adalah suatu kegiatan mengungkapkan apa yang ada di pikiran kemudian di tuangkan ke dalam bentuk tulisan dengan tujuan tertentu dan di kirimkan kepada instansi tertentu.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran pada perencanaan menulis surat dinas bagi siswa kelas VIII SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together? (2) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran pada saat menulis surat dinas bagi siswa kelas VIII SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan menggunakan metode numbered heads toogether? (3) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran pada pasca menulis surat dinas bagi siswa kelas VIII SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan menggunakan metode numbered heads toogether? (4) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran pada refleksi menulis surat dinas bagi siswa kelas VIII SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan menggunakan metode numbered heads toogether?
Tujuan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pra menulis surat dinas pada siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together (2) Untuk mengetahui saat menulis surat dinas pada siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together (3) Untuk mengetahui pasca menulis surat dinas pada siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together (4) Untuk mengetahui refleksi menulis surat dinas pada siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak satu siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan menulis surat dinas, tahap pelaksanaan menulis surat dinas, tahap pasca menulis surat dinas, dan tahap refleksi menulis surat dinas. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar pada tahun ajaran 2013/2014 semester satu.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran.
Dari hasil analisis dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar bahasa dan sastra Indonesia pada kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa pada hasil belajar secara individu nilai rata-rata siswa adalah 90,05% dan pada hasil belajar kelompok (numbered heads together) adalah 92,52%
Simpulan dari penelitian ini adalah metode numbered heads together mampu meningkatkan hasil belajar bahasa dan sastra Indonesia pada kelas VIIIA semester satu siswa SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar pada tahun ajaran 2013/2014.


Ketersediaan
SB00048SKKI 410 KUR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 410 KUR p/s
Penerbit
Malang : Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xvi, 49hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Menulis Surat Dinas
Metode Numbered Heads Together
Skripsi
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Peningkatan Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Metode Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar.
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik