Electronic Resource
Peningkatan Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Metode Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar
Bahasa adalah suatu alat komunikasi antar manusia baik berupa bahasa lisan maupun bahasa tulis. Pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII semester 1 dalam standar kompetensi menulis dan pada kompetensi dasar mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk terdapat materi tentang menulis surat dinas. Pada pembelajaran menulis surat dinas bertujuan untuk memperkenalkan surat dinas dan untuk menambah pengetahuan tentang surat dinas kepada semua siswa.
Menulis adalah suatu kegiatan mengungkapkan apa yang ada di pikiran yang di tuangkan ke dalam bentuk tulisan dengan tujuan tertentu. Menulis surat dinas adalah suatu kegiatan mengungkapkan apa yang ada di pikiran kemudian di tuangkan ke dalam bentuk tulisan dengan tujuan tertentu dan di kirimkan kepada instansi tertentu.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran pada perencanaan menulis surat dinas bagi siswa kelas VIII SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together? (2) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran pada saat menulis surat dinas bagi siswa kelas VIII SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan menggunakan metode numbered heads toogether? (3) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran pada pasca menulis surat dinas bagi siswa kelas VIII SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan menggunakan metode numbered heads toogether? (4) Bagaimanakah peningkatan pembelajaran pada refleksi menulis surat dinas bagi siswa kelas VIII SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan menggunakan metode numbered heads toogether?
Tujuan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pra menulis surat dinas pada siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together (2) Untuk mengetahui saat menulis surat dinas pada siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together (3) Untuk mengetahui pasca menulis surat dinas pada siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together (4) Untuk mengetahui refleksi menulis surat dinas pada siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben dengan metode numbered heads together
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak satu siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan menulis surat dinas, tahap pelaksanaan menulis surat dinas, tahap pasca menulis surat dinas, dan tahap refleksi menulis surat dinas. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar pada tahun ajaran 2013/2014 semester satu.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran.
Dari hasil analisis dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar bahasa dan sastra Indonesia pada kelas VIIIA SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa pada hasil belajar secara individu nilai rata-rata siswa adalah 90,05% dan pada hasil belajar kelompok (numbered heads together) adalah 92,52%
Simpulan dari penelitian ini adalah metode numbered heads together mampu meningkatkan hasil belajar bahasa dan sastra Indonesia pada kelas VIIIA semester satu siswa SMP Kristen Dian Sakti Kesamben Blitar pada tahun ajaran 2013/2014.
| SB00048S | KKI 410 KUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain