Electronic Resource
Pemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 3 Tahun
Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah sebagai berikut (1) bagaimana jenis pemerolehan kosakata bahasa Indonesia anak usia 3 tahun (2) bagaimana makna leksikal yang digunakan anak usia tiga tahun.
Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan jenis pemerolehan kosakata bahasa Indonesia anak usia 3 tahun, (2) mendeskripsikan makna leksikal yang digunakan anak usia tiga tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengolahan data terhadap transkripsi data hasil rekaman, mengidentifikasi data, menganalisis data serta menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis pemerolehan kosakata anak yang berusia tiga tahun berdasarkan panjang kalimat anak usia tiga tahun dalam bertutur pada umumnya mengucapkan kata-kata secara terpenggal serta penguasaan bahasa yang dikuasai anak diperoleh melalui tahapan-tahapan tertentu. Anak umur tiga tahun sudah mampu menyusun kalimat dalam bertutur meskipun masih sangat sederhana dan terbatas. Berdasarkan jumlah ujaran setiap giliran tutur dibuktikan anak tiga tahun dalam bertutur hanya menjawab pertanyaan dari lawan tutur. Pemerolehan kosakata dalam penelitian ini memiliki cakupan yang luas yaitu kata benda (nomina), kata kerja (verba), kata sifat (adjektifa), kata ganti (pronomina), kata keterangan (adverbia), kata bilangan (numeralia), (2) Seperti yang sudah dikemukakan pada ringkasan di atas, bahwa untuk menyampaikan jenis kata tidak hanya dapat diungkapkan dengan pemerolehan kosakata saja melainkan juga dapat menggunakan jenis kata.
SB00047S | KKI 410 MIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain