Electronic Resource
Pengembangan Media Monopoli Tematik pada Aspek Bahasa Untuk Anak Usia 5 – 6 tahun di TK Muslimat NU 17 Nur Rokhmat
Seiring dengan bertambahnya usia anak perkembangan aspek bahasa anak akan melalui beberapa fase, dimulai dari teriakan, ocehan yang sporadis, sistem perbendaharaan kata, susunan dan pola kalimat yang bertambah, dan akhirnya anak mampu mengungkapkan apa yang ada di dalam dirinya.
Berdasarkan observasi yang dilakukan di salah satu PAUD swasta di Kota Malang yaitu TK Muslimat NU 17 Nur Rokhmat ditemukan beberapa kendala dalam berbahasa tahapan usia anak 5-6 tahun meliputi, kesulitan mengungkapkan pendapat, dan sulit bercerita dengan bahasa yang baik dan juga benar. Solusi yang tepat untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa peserta didik yaitu dengan mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis permainan monopoli tematik.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan media Monopoli Tematik untuk Anak Usia 5-6 Tahun pada aspek berbahasa di TK Muslimat NU 17 Nur Rokhmat.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research & Development). Penelitian dilakukan dengan subjek peserta didik kelas B yang berjumlah 15 peserta didik. Uji coba dilakukan dua kali melalui uji coba kelompok kecil atau terbatas berjumlah 2 peserta didik dan uji coba kelompok besar atau skala besar berjumlah 15 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon guru, lembar observasi, dan wawancara.
Hasil dari lembar validasi ahli materi, ahli media dan angket respon guru dilakukan untuk menguji kelayakan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor 75% dengan kriteria cukup layak, hasil dari ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 82,2% dengan kriteria sangat layak, dan hasil angket respon guru memperoleh skor rata – rata sebesar 86,6% dengan kriteria sangat layak pula. Hasil dari uji coba kelompok kecil mengalami peningkatan dari peserta yang memiliki kategori berkembang sesuai harapan (BSH) menjadi berkembang sangat baik (BSB) dan peserta yang memiliki kategori belum berkembang (BB) menjadi mulai berkembang (MB). Serta hasil dari uji coba kelompok besar mendapatkan persentase rata - rata kategori belum berkembang (BB) 3%, mulai berkembang (MB) 30%, berkembang sesuai harapan (BSH) 47%, dan berkembang sangat baik (BSB) 20%.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis monopoli tematik (Monetik) sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran aspek bahasa anak usia 5 – 6 tahun. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu menyempurnakan media pembelajaran monopoli tematik ini dengan mengembangkan media dengan tampilan yang lebih menarik lagi serta penambahan petak yang lebih kompeks.
SB00036S | KKI 372 GUN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain