Electronic Resource
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Dimediasi Kepuasan Konsumen
Seiring berjalannya waktu penyebaran Batik Tulis Tanjung Bumi menjadi semakin pesat, Tanjung Bumi menempati urutan pertama dengan jumlah UMKM terbanyak di Kabupaten Bangkalan, semakin banyak produsen batik hal ini menjadi suatu tantangan baru bagi pemilik usaha batik dalam menjaga loyalitas zonsumen. Kualitas produk adalah salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dalam mempertahankan loyalitas konsumen begitupun dengan kepuasan konsumen perlu diciptakan dan ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untukmengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas dimediasi kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Zulpah Batik lebih dari 1 kali. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dan menggunakan metode Accidental Sampling, jumlah sampel pada penelitian ini 114 responden. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi dan survei kuesioner. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu menggunakan
analisis jalur/Path Analysisdengan program IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen loyalitas, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel mediasi/intervening kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, sedangkan kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas secara parsial. Simpulan kepuasan konsumen mampu menjadi variabel mediasi terhadap kualitas produk terhadap loyalitas secara parsial. Saran Zulpah Batik perlu meningkatkan serviceability produk, inovasi produk, dan memberi pemahaman mengenai filosofi batik sehingga konsumen merasa bangga dan suka mengenakan Batik Zulpah
| SB00026S | KKI 658 ANA p/s | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain