Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing yang dikombinasikan dengan Problem Posing Berbasis Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK PGRI Pakisaji Malang
Untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa perlu motivasi belajar yang kuat. Salah satu upaya untuk menigkatkan motivasi belajar siswa adalah menerapkan model pembelajaran yang dapat menimbulkan kesan bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan, salah satunya adalah tipe snowball throwing dan problem posing. Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan problem posing berbasis tugas terstruktur merupakan pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok-kelompok. Dengan membentuk sebuah kelompok maka belajar akan terasa lebih mudah karena bisa berdiskusi dengan teman kelompoknya. Selain itu dalam model pembelajaran ini terdapat permainan melempar bola soal dan untuk mengetahui kemampuan siswa yang mandiri dalam belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas X SMK PGRI Pakisaji Malang, yang terdiri dari 33 siswa.
Tindakan pada penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama snowball throwing dan problem posing dilaksanakan secara murni sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan, sedangkan pada siklus kedua adalah pengembangan pada bagian pembuatan kelompok dan penyajian materi. Prosedur penjaringan data dilakukan dengan cara (1) lembar observasi guru dan siswa, (2) angket respon siswa, (3) catatan lapangan, dan (4) tes individu dan dilakukan analisis data secara diskriptif kualitatif.
Berdasarkan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan problem posing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sesuai dengan hasil tes pembelajaran yang menunjukkan 81,81% siswa memperoleh nilai 65 atau lebih. Dengan demikian berdasarkan KKM pada mata pelajaran Matematika, maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan matematika khususnya materi matriks dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan problem posing berbasis tugas terstruktur. Sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang mendukung PAIKEM.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain