Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur pada Pokok Bahasan Himpunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Kepanjen

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur pada Pokok Bahasan Himpunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Kepanjen

Ayu Wijayanti - Nama Orang;

Himpunan adalah salah satu pokok bahasan yang dipelajari siswa SMP/MTs kelas VII. Materi himpunan digunakan sebagai materi prasyarat untuk materi relasi dan fungsi pada SMP/MTs kelas VIII semester I. Misalnya adalah cara menyatakan himpunan dan menyatakan anggota suatu himpunan diperlukan untuk menentukan himpunan pasangan berurutan dari suatu relasi atau fungsi. Untuk itu penguasaan terhadap materi himpunan sangat perlu. Meskipun demikian, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap himpunan masih rendah.
Berdasarkan hasil observasi di kelas VII Agama MTs Negeri Kepanjen diketahui bahwa: (1) siswa kurang antusias dalam pembelajaran matematika, (2) siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan (3) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Sehingga hasil belajar siswa relatif rendah. Berdasarkan permasalahan ini, penulis melakukan perbaikan melalui suatu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran model kepala bernomor struktur.
Model kepala bernomor struktur merupakan pengembangan dari pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran ini melatih siswa untuk bertanggung jawab, bekerja sama dan percaya diri. Untuk itu, model tersebut digunakan dalam penelitian ini.
Hasil belajar adalah hasil yang ditunjukkan dari suatu interaksi tindak belajar dan biasanya ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan guru. Hasil belajar yang diteliti dalam penelitian ini dibatasi oleh skor tes akhir setiap tindakan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur pada pokok bahasan himpunan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan (2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur pada pokok bahasan himpunan bagi siswa kelas VII Agama MTs Negeri Kepanjen tahun pelajaran 2012/2013. Pembelajaran kepala bernomor struktur dalam penelitian ini menggunakan 4 langkah, yaitu : (1) penomoran, (2) pengajuan pertanyaan, (3) berpikir bersama dan (4) pemberian jawaban. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pedoman wawancara, lembar angket, lembar catatan lapangan dan perekaman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII Agama MTs Negeri Kepanjen tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya. Sedangkan siklus II adalah memahami konsep himpunan bagian.
Dari pembelajaran yang telah dilakukan, hasil analisis tes siswa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada tindakan I dan tindakan II berturut-turut adalah 54% dan 79,12% dengan kriteria keberhasilan 75% dan KKM sebesar 65. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Agama MTs Negeri Kepanjen. Oleh karena itu, disarankan kepada guru matematika untuk meggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dalam mengajarkan matematika khususnya pada pokok bahasan himpunan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang mendukung PAIKEM.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 WIJ
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Himpunan
Model Kepala Bernomor Struktur
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur pada Pokok Bahasan Himpunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Kepanjen
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik