Electronic Resource
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII A Dengan Metode Penemuan di SMPN 1 Kotaanyar Tahun Pelajaran 2012-2013
Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan potensi diri . Hambatan dalam pembelajaran matematika selalu muncul misal rendahnya prestasi serta kurangnya motivasi dan keinginan terhadap pembelajaran matematika, sejalan dengan cabang-cabang ilmu pengetahuan yang lain, matematika merupakan pengetahuan yang berasal dari pengamatan secara langsung atau tidak langsung terhadap pengalaman yang diperoleh dari suatu permasalahan yang sengaja diadakan dalam melaksanakan pengamatan sehingga mendapat hasil. Untuk itu perlu dihadirkan suatu strategi pembelajaran yang tepat untuk memotivasi siswa serta melibatkannya dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan metode penemuan. Dengan metode penemuan, siswa tidak sekedar menghafal rumus tetapi akan aktif terlibat secara fisik dan mental untuk menemukan pola atau aturan yang menghasilkan rumus tersebut. Metode penemuan akan memberi kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan cara berpikirnya dan dapat membuat siswa mengetahui kemampuannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran himpunan dengan metode penemuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelasVII A SMP Negeri 1 Kotaanyar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kotaanyar semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Jumlah siswanya adalah 41 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, tes, dan cacatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan cara persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 meningkat dari 75,6% siswa pada siklus I menjadi 85,8% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode penemuan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kotaanyar tahun pelajaran 2012-2013.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain