Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Pada Pokok Bahasan Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Wachid Hasyim 10 Prambon
Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Wachid Hasyim 10 Prambon diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII A masih rendah. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih konvensional karenanya siswa menjadi pasif dan kurang kreatif akibatnya hasil pembelajaran tidak dapat memenuhi tuntutan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan permasalahan ini, penulis mencoba melakukan upaya perbaikan melalui suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Wachid Hasyim 10 Prambon pada pokok bahasan lingkaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Wachid Hasyim 10 Prambon dengan jumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini, kehadiran peneliti mutlak diperlukan karena peneliti berperan aktif dalam proses penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Data tentang hasil aktivitas guru dan siswa yang diambil melalui lembar observasi, (2) Data tentang hasil belajar siswa yang diambil dengan memberikan tes, (3) Data hasil wawancara, dan (4) Dokumentasi. Analisis data kualitatif penelitian ini mengacu pada model analisis Miles and Huberman. Adapun langkah-langkah yang digunakan yaitu, (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, dan (3) Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terbukti dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Wachid Hasyim 10 Prambon pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat ditunjukkan dari Hasil perolehan skor rata-rata nilai tes siswa pada siklus I yaitu 73,83 dengan ketuntasan belajar klasikal adalah 80%. Sedangkan pada tes siklus II, diperoleh rata-rata hasil tes yaitu 84,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,67%. Dan pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase yaitu 61,06%, sedangkan pada siklus II yaitu 85,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Wachid Hasyim 10 Prambon tahun ajaran 2012/2013 pada pokok bahasan lingkaran.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain