Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Numbered Head Together ( NHT) Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Matriks Di Kelas X Multimedia SMK Budi Mulia Pakisaji

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Numbered Head Together ( NHT) Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Matriks Di Kelas X Multimedia SMK Budi Mulia Pakisaji

Dwi Wahyu Ningsih - Nama Orang;

Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi peserta didik dan kreatifitas guru. Permasalahan yang terjadi di SMK Budi Mulia Pakisaji kelas X Multimedia adalah menurunnya hasil belajar matematika siswa dimana kurangnya keaktifan siswa saat mengikuti proses pembelajaran dan pada akhirnya mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika, peneliti mencoba menerapkan suatu model pembelajaran matematika yaitu model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis penemuan terbimbing.
Penelitian ini difokuskan pada permasalahan pokok, yaitu: Bagaimana penerapan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMK Budi Mulia Pakisaji pada materi matriks?
Pembelajaran matriks menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) berbasis penemuan terbimbing ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMK Budi Mulia Pakisaji pada materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil pekerjaan siswa dalam mengerjakan soal-soal atau tugas-tugas yang diberikan, (2) lembar observasi guru dan siswa, (3) catatan lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada siklus I berdasarkan data observasi dua pengamat pada lembar hasil observasi nilai rata–rata kegiatan guru yaitu 80,4% dan nilai rata–rata kegiatan siswa selama proses pembelajaran yaitu 89,6% sedangkan hasil belajar siswa mencapai rata–rata
70,78 dan dikategorikan baik, (2) pada siklus II berdasarkan data observasi pada lembar hasil observasi nilai rata–rata kegiatan guru yaitu 88,45% dan nilai rata–rata kegiatan siswa selama proses pembelajaran yaitu 96,85%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai rata–rata 89,13. Dengan demikian pembelajaran matematika melalui metode Numbered Head Together (NHT) berbasis penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan matematika khususnya materi matriks dengan menerapkan pembelajaran metode Numbered Head Together (NHT) berbasis penemuan terbimbing. Sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang mendukung keaktifan belajar siswa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 NING
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pembelajaran Kooperatif
Hasil Belajar Siswa
Penemuan terbimbing
Numbered Head Together (NHT)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Pembelajaran Numbered Head Together ( NHT) Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Matriks Di Kelas X Multimedia SMK Budi Mulia Pakisaji
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik