Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII K SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII K SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG

Eliyah Suryaningsih - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi dan informasi dari guru bidang studi matematika bahwa minat siswa dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah KKM 75 atau lebih. Selain, itu siswa menggangap bahwa matematika sulit dipahami sehingga kurang tertarik dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar dikembangkanlah suatu metode pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Heads Together (NHT).
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII K SMP Islam Ma’arif 02 Malang pada materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII K semester ganjil tahun ajaran 2012/2013.
Pendekatan NHT adalah suatu pendekatan yang dikembangkan oleh Spencer Kagen untuk melibatkan banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Sebagai gantinya guru menunjuk acak siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT terbukti dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII K. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yaitu lebih dari 85% dari jumlah siswa mendapatkan skor 75 atau lebih. Dan dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada skor awal yaitu 50 % menjadi 87,5% pada siklus II.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII K SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Saran yang dapat diajukan adalah model NHT dapat dijadikan model alternatif pembelajaran oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 SUR
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil Belajar Siswa
Model Numbered Heads Together (NHT)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII K SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik