Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel siswa kelas VII A SMP PGRI 01 Wagir
Pembelajaran Realistic Mathematic Education merupakan suatu konsepsi belajar mengajar yang membantu guru menghubungkan isi pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka. Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VII A SMP PGRI 01 Wagir menunjukkan bahwa kemampuan siswa SMP PGRI 01 Wagir heterogen dan pada umumnya siswa tidak antusias dalam menjawab permasalahan yang diajukan, tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan dalam mengkonstruksi pengetahuan. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika sangat rendah dan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan pembelajaran realistic Mathematic Education pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Varibel, siswa kelas VII A SMP PGRI 01 Wagir.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A semester ganjil tahun ajaran 2012-2013 SMP PGRI 01 Wagir yang berjumlah 22 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, catatan lapangan, dan soal tes. Dari hasil tes pada siklus I prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 74,04% Sedangkan pada siklus II prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 88,9 %. Keaktifan belajar siswa dapat dilihat berdasarkan indikator keaktifan siswa yaitu turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya, terlibat dalam pemecahan permasalahan, bertanya kepada siswa lain atau kepada guru.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diperoleh kesimpulan dari penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education yaitu (1) model pembelajaran Realistic Mathematic Education diterapkan pada mata pelajaran matematika secara optimal, (2) prestasi belajar siswa kelas VII A SMP PGRI 01 Wagir meningkat.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain