Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan pembelajaran kooperatif model JIGSAW pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Advent Malang

Electronic Resource

Penerapan pembelajaran kooperatif model JIGSAW pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Advent Malang

Grace Yulia Puspita - Nama Orang;

Pendidikan merupakan media yang berperan sebagai proses pendewasaan diri sehingga dalam proses pengambilan keputusan terhadap suatu masalah dapat disertai dengan rasa tanggung jawab. Namun kenyataannya pendidikan matematika masih dianggap sulit oleh siswa. Kesulitan belajar ini bukan kerena siswa bodoh melainkan disebabkan karena mereka enggan dan merasa terpaksa mempelajari materi yang dianggap tidak penting untuk mereka pelajari. Penyebab enggannya siswa dalam mempelajari matematika dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya; (1) semangat belajar siswa yang kurang, (2) sarana belajar kurang, (3) penggunaan metode belajar yang tidak efektif dan variatif, dan (4) guru kurang bersemangat dalam mengajar.
Untuk meningkatkan minat siswa dalam mempelajari matematika salah satu sistem pengajaran yang bisa digunakan adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah sistem pengajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan temannya dalam tugas-tugas terstruktur. Siswa dituntut untuk dapat menyelesaikan permasalah dengan cara berkelompok. Salah satu cara pembelajaran kooperatif yang biasa digunakan adalah model jigsaw. Pada dasarnya, dalam strategi pembelajaran model jigsaw ini guru membagi suatu informasi pembelajaran yang besar menjadi komponen-komponen yang lebih kecil. Siswa dikelompokkan menjadi kelompok-kelompok kecil heterogen yang dinamakan kelompok asal. Setiap siswa mempelajari materi yang menjadi bagiannya. Setelah setiap anggota kelompok mempelajari materi pembelajaran di kelompok asal kemudian mereka bergabung mendiskusikan materi pembelajaran sejenis di kelompok ahli. Setelah siswa berdiskusi dalam kelompok ahli, mereka kembali ke keloompok asal untuk membelajarkan materi pembelajaran kepada setiap anggota kelompok asal, sehingga setiap siswa memahami semua materi pembelajaran. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan presentasi kelompok.
Stategi pembelajaran ini bertujuan sebagai usaha membantu guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) pada siswa SMP Advent Malang kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Advent Malang dengan subyek penelitian adalah kelas VIII yang berjumlah 17 siswa. Dari 17 siswa ini dibagi menjadi 5 kelompok asal yang terdiri dari 3-4 siswa dengan 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1-2 siswa berkemampuan rendah. Agar siswa mampu menerima pelajaran secara merata.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 PUS
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
model jigsaw
Model Pembelajaran kooperatif
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Hasil Belajar Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan pembelajaran kooperatif model JIGSAW pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Advent Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik