Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII SMP Negeri 5 Kepanjen

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII SMP Negeri 5 Kepanjen

I’is Anggraeni - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII F SMP Negeri 5 Kepanjen diketahui bahwa: (1) siswa kurang bersemangat saat mengikuti pelajaran matematika, (2) siswa cenderung pasif dan tidak aktif dalam bertanya dan menjawab soal, dan (3) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Sehingga, hasil belajar Matematika siswa kelas VII F masih relatif rendah. Berdasarkan permasalahan ini, penulis mencoba melakukan upaya perbaikan melalui suatu pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar yaitu dengan model pembelajaran Talking Stick.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana keaktifan dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Pembelajaran Talking Stick dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) pendahuluan, (2) presentasi guru, (3) kegiatan kelompok, (4) presentasi kelompok, dan (5) evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi (1) lembar observasi aktivitas guru dan siswa, (2) lembar pengamatan keaktifan, (3) catatan lapangan, (4) wawancara,(5) perekaman dan (6) tes individu
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas VII F SMP Negeri 5 Kepanjen tahun pelajaran 2012 – 2013 yang berjumlah 37 siswa. Siklus pada penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I materi menentukan penyelesaian Persamaan Linear Satu Variabel dan Siklus II materi memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan Persamaan Linear Satu Variabel.
Dari pembelajaran yang telah dilakukan, hasil analisis keaktifan siswa diperoleh jumlah skor keaktifan secara klasikal pada pratindakan sebesar 397, tindakan I sebesar 449 dan tindakan II sebesar 465. Sedangkan pada hasil analisis hasil belajar diperoleh nilai rata-rata pratindakan, tindakan I dan tindakan II berturut-turut adalah 64,81, 70,46, dan 80,08 dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan, tindakan I, dan tindakan II berturut-turut adalah sebesar 32,43%, 54,05%, dan 83,78%. Dengan demikian berdasarkan KKM pada mata pelajaran matematika, maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 5 Kepanjen. Oleh karena itu, disarankan kepada guru matematika untuk menggunakan model pembelajaran Talking Stick dalam mengajarkan matematika khususnya pada kompetensi dasar Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang mendukung PAIKEM.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ANG
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Keaktifan belajar
Model talking stick
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII SMP Negeri 5 Kepanjen
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik