Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang

Intan Murtika Dewi - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru bidang studi Matematika, serta wawancara dengan siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari ditemukan beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Faktor pertama, siswa berpendapat bahwa Matematika merupakan pelajaran yang sulit. Kedua, siswa lebih berperan sebagai penerima informasi pasif. Ketiga, metode pembelajaran yang digunakan belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian peneliti melakukan upaya perbaikan melalui suatu pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam kegiatan belajar, yaitu pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Data tentang hasil kegiatan peneliti dan siswa pada saat pembelajaran kooperatif Tipe STAD yang diambil melalui lembar observasi dan catatan lapangan, (2) Data tentang hasil belajar siswa yang diambil dengan memberikan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor awal siswa 56,96, siklus 1 sebesar 67,39 dan siklus 2 sebesar 82,90. Sedangkan dilihat dari persentase ketuntasan belajar pada skor awal 25,81%, siklus 1 sebesar 51,61% dan siklus 2 sebesar 77,42%.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 DEW
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD
Meningkatkan hasil belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik