Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang
Berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru bidang studi Matematika, serta wawancara dengan siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari ditemukan beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Faktor pertama, siswa berpendapat bahwa Matematika merupakan pelajaran yang sulit. Kedua, siswa lebih berperan sebagai penerima informasi pasif. Ketiga, metode pembelajaran yang digunakan belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian peneliti melakukan upaya perbaikan melalui suatu pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam kegiatan belajar, yaitu pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Data tentang hasil kegiatan peneliti dan siswa pada saat pembelajaran kooperatif Tipe STAD yang diambil melalui lembar observasi dan catatan lapangan, (2) Data tentang hasil belajar siswa yang diambil dengan memberikan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Singosari. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor awal siswa 56,96, siklus 1 sebesar 67,39 dan siklus 2 sebesar 82,90. Sedangkan dilihat dari persentase ketuntasan belajar pada skor awal 25,81%, siklus 1 sebesar 51,61% dan siklus 2 sebesar 77,42%.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain